Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Meninggalnya Ciputra Menurut Sang Anak

Kompas.com - 28/11/2019, 15:34 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengaku terpukul atas kepergian sang ayah, Ciputra atau Tjie Tjin Hoan pada Rabu (27/11/2019) di usianya yang ke 88 tahun.

Dia pun mengungkap penyebab ayahnya berpulang ke haribaan Tuhan. Dia bilang, ayahnya meninggal bukan karena penyakit tertentu. Melainkan karena usianya yang sudah tua menginjak 88 tahun.

"Ayah saya meninggal karena usianya. Meninggal karena usia tuanya," kata Rina Ciputra Sastrawinata di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Ciputra Bakal Dikebumikan 5 Desember di Pemakaman Keluarga

Bahkan, dia mengaku pengusaha yang kerap disapa Pak Ci ini masih bisa berkomunikasi 2 hari sebelum menghembuskan nafas terakhir. Karena tidak menduga, Ciputra pun tidak ada pesan-pesan terakhir.

"Memang tidak ada pesan-pesan terakhir. 2 hari sebelumnya masih bisa berkomunikasi," ungkap dia.

Menurut Rina, hampir setiap hari ayahnya selalu berpesan kepada dia dan anaknya bahkan cucu-cucunya untuk selalu memiliki nilai luhur. Pesan-pesan itulah yang akan dijaga dan diteruskan hingga generasi berikutnya.

"Ayah saya seorang mentor, seorang guru. Ayah saya senang mengajar, ngomong terus kasih tahu ini, kasih tahu itu. Saya menghadap satu jam PR-nya banyak banget. Pesan-pesan itu selalu memotivasi kami semua," pungkasnya.

Baca juga: Ketua Apindo: Pengusaha Properti Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com