Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah 200 Titik Stasiun Pengisian Listrik Pada 2020

Kompas.com - 13/12/2019, 16:58 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Vice President (EVP) Pengembangan Produk Departemen Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), Julita Indah mengtakan, PLN akan menambah 200 titik Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 10 kota pada 2020.

Target tersebut melonjak tinggi sebab pada 2019, PLN hanya menargetkan SPLU di 20 titik yang berada di 10 kota.

"Karena kita sesuaikan dengan pasarnya," katanya ditemui usai peluncuran uji coba kendaraan listrik oleh Grab, di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Erick Thohir Berharap PLN Bisa Punya Dirut Baru Pekan Ini

Di Jakarta, terdapat beberapa titik SPLU. Diantaranya di Mal Senayan City, Plaza Senayan, juga di Kantor Cabang PLN terletak di Gambir. Nantinya akan diperluas titik pos pengisian daya listriknya di Summarecon Bekasi dan Tangerang.

Untuk tahun ini, PLN kemungkinan menambah SPLU dan SPKLU di Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali. Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan.

"Sekarang sedang dipasang, yang sudah ada lima dan akan kami pasang 15 lagi," ucapnya.

Nilai investasi untuk SPLU disebutkan, berkisar Rp 300-400 juta. Sedangkan, SPKLU atau pengisian dengan daya cepat mencapai Rp 1 miliar.

Baca juga: Peserta Membeludak, Simulasi CAT CPNS di Sarinah Pindah ke Monas

Sebelumnya, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad, menjelaskan stasiun pengisian listrik yang ada sekarang ini kebanyakan adalah SPLU. Jumlahnya mencapai lebih dari 7.000 unit dan 1.922 di antaranya ada di Jakarta.

SPLU itu memiliki dayanya sebesar 5,5-22 kVA. Fungsinya juga lebih banyak, bisa untuk pedagang kaki lima, dan lainnya. Lokasinya bisa di pedagang kaki lima, pasar, fasilitas umum, dan lainnya.

Untuk SPKLU, dayanya 22-150 kW dan ditujukan khusus untuk kendaraan listrik. SPKLU ini bisa ditemukan di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

Baca juga: Erick Thohir Minta Bos BUMN yang Masih Rugi Gunakan Penerbangan Kelas Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com