Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 5.412 Bus Pariwisata Belum Lolos Uji Keselamatan dari Kemenhub

Kompas.com - 16/12/2019, 13:48 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut ada 5.412 bus parawisata yang tak laik beroperasi jelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hal uji keselamatan (ramp check) yang dilakukan Kemenhub dari 20 November hingga 18 Desember 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, dalam periode tersebut dilakukan uji keselamatan pada 13.883 bus pariwisata. Dari jumlah tersebut hanya 8.471 bus yang dinyatakan laik beroperasi.

“Kita fokus pada kendaraan pariwisata, karena kalau yang bus biasa itu sudah ramp check di hari biasa. Tapi kendaraan pariwisata jarang dilakukan petugas karena jarang ke terminal," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Baca juga: Kemenhub Alokasikan Rp 250 Miliar untuk Subsidi Bus di Berbagai Kota

Budi menambahkan, bus yang dinyatakan tak laik beroperasi itu diminta untuk melakukan perbaikan. Setelah diperbaiki, nantinya Kemenhub akan kembali melakukan pemeriksaan.

“Walaupun target kami hanya 15.00 yang di-ramp check. Tapi kami akan fokus lagi terus bagaimana kendaraan yang belum lulus atau kekurangan, kita akan pantau lagi di daerah," kata Budi.

Budi pun mengimbau masyarakat agar lebih teliti dalam memilih bus parawisata. Jika tak ada bukti kelaikan keselamatan, lebih baik tak gunakan bus tersebut.

“Masyarakat hati-hati pilih mobil pariwisata, kalau belum ada approval dari Kemenhub terkait rampcheck boleh menolak," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com