Kemenhub Alokasikan Rp 250 Miliar untuk Subsidi Bus di Berbagai Kota

Kompas.com - 15/09/2019, 15:27 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan di acara Wahana Tata Nugraha di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019) KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan di acara Wahana Tata Nugraha di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian perhubungan mengalokasikan Rp 250 miliar untuk memulai uji coba atau memberlakukan buy the service mulai tahun 2020 di 5 kota besar.

"Buy The Service akan kita lakukan mulai tahun 2020, ada di 5 kota. Alokasinya Rp 250 miliar," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di acara penghargaan Wahana Tata Nugraha di JCC, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Adapun Buy The Service adalah konsep subsidi pemerintah kepada angkutan massal daerah khususnya Bus Rapid Transit (BRT). Subsidi ini nantinya akan disesuaikan antara biaya ekonomi dengan daya beli masyarakat sehingga biaya naik bus bisa lebih murah.

"Jadi subsidinya dalam bentuk uang. Ini mengurangi tarif yang dibayar oleh masyarakat. Misalnya mestinya bayar Rp 10.000, dengan ada subsidi ini jadi Rp 5.000. Sisa Rp 5.000 itu yang harus disubsidi," ucap Budi.

Nantinya, subsidi itu akan diberikan hingga tercapai suatu skala ekonomis tertentu, masif, dan berkembang atau sekitar 3-5 tahun setelah subsidi diberikan.

"Pada saat saat skala ekonomis tercapai, kita sudah tidak memberikan subsidi. Jadi subsidi itu mungkin bisa kita berikan 3-5 tahun kepada kota-kota yang memang sudah macet sekali," jelas dia.

Adapun teknisnya masih dalam tahap pengkajian. Bisa saja, kata Budi, pihaknya akan membuka tender untuk operator swasta yang berniat menerima subsidi dengan syarat tarifnya lebih terjangkau untuk masyarakat daerah tersebut.

"Bisa juga nanti kita buka tender. Operator itu langsung tender sama kita, yang penting dia mendapatkan subsidi, tapi tarifnya kita 'tok' (tentukan) pada suatu tarif yang mampu dibayar masyarakat," pungkas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X