Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Komoditas Pertanian Ini Harganya Naik di Akhir Tahun

Kompas.com - 31/12/2019, 14:30 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ketahanan Pangan ( BKP) Kementan Agung Hendriadi menyebutkan ada dua komoditas pertanian yang mengalami kenaikan harga pada akhir tahun 2019 ini.

Adapun dua komoditi tersebut adalah harga bawang merah dan telur ayam ras. Terkait dengan kenaikan harga bawang merah, Agung menilai kenaikan harga bawang akibat harga bawang merah sempat jatuh pada dua bulan terakhir.

"Ada dua komoditas yang harganya naik,  yang pertama adalah bawang merah. Kenapa bawang merah naik? Karena dua bulan yang lalu bawang merah pernah jatuh sampai dengan Rp 20.000 per kilo gram," kata Agung, di Toko Tani Indonesia Center, Pasar Minggu, Jakarta Selayan, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: India Bakal Hentikan Ekspor Bawang Merah, Mengapa?

Namun demikian, Agung menyebut saat ini harga bawang merah sudah stabil di angka Rp 32.000 per kilo gram yang sesuai dengan harga acuan pemerintah.

"Sekarang sudah kembali normal di angka Rp 32.000 per kilo gram, sesuai harga acuan pemerintah hang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan. Jadj sebenarnya kenaikan itu adalah kembali ke normal," jelasnya.

Selanjutnya komoditi yang mengalami kenaikan dipenutupan tahun adalah telur ayam ras. Agung menyebut kenaikan harga telur terjadi di beberapa daerah di Timur Indonesia.

"Yang kedua adalah telur ayam, kita sudah monitor bahwa telur ayam ini ada kenaikan di Maluku, Maluku Utara, NTT dan Papua Barat," jelasnya.

Baca juga: Jaga Harga Telur Ayam, Bulog Gandeng Peternak

Agung menilai kenaikan harga telur ayam ras akibat masalah cuaca yang jelek. Maka dari itu, distribusi terhambat sementara permintaan meningkat.

"Kenapa demikian? Mungkin ini ada hubungannya dengan kondisi cuaca yang jelek. Untuk distribusi, mungkin akan terlambat sampai disana. Ada kenaikan Rp 2.000 per kilo gram. Ini kita cermati, mudah-mudahan nanti segera kembali normal," tegasnya.

Agung berharap harga telur bisa kembali normal menjadi Rp 23.000 per kilo gram sesuai dengan HAP (Harga Acuan Pemerintah). Saat ini kenaikan harga telur sudah mencapai Rp 25.000 per kilo gram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com