Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holding Ultra Mikro Resmi Hadir, Ini Harapan Pengusaha

Kompas.com - 15/09/2021, 18:09 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembentukan holding ultra mikro Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disambut baik oleh pelaku usaha. Langkah ini diharapkan mampu mengakselerasi pertumbuhan pelaku usaha kecil, bukan hanya melalui permodalan, tapi juga peningkatan kapabiltas usaha.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengakui, selama ini permodalan menjadi salah satu hambatan utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha kecil. Oleh karenanya, integrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

"Dengan adanya lembaga keuangan baru ini memberikan secercah harapan terhadap pelaku UMKM yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Holding Ultra Mikro Terbentuk, Pemerintah Alihkan Saham Pegadaian dan PNM ke BRI

Namun demikian, selain pembiayaan, holding ultra mikro diharapkan dapat menggelar program peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha kecil.

Sarman merekomendasikan peningkatan kapabilitas dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan seperti managemen pengelolaan usaha, pembukuan keuangan, strategi pemasaran, packaging, hingga pemanfaatan teknologi IT dan HAKI.

"Termasuk memfasilitasi adanya Pekan Raya UMKM yang memamerkan berbagai produk UMKM dari seluruh Indonesia untuk dipromosikan kepada masyarakat luas dan mancanegara," ujar Sarman.

Selain itu, Kementerian BUMN juga sudah membuka peluang besar bagi pelaku UMKM untuk memasok berbagai produknya ke semua perusahaan plat merah melalui program Pasar Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PADi UMKM).

"Sehingga lebih optimal mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja perusahaan-perusahaan plat merah pada UMKM," ucap Sarman.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu penandatanganan pengalihan saham pemerintah di Pegadaian dan PNM kepada BRI telah dilakukan. Ini menandai telah resmi terbentuknya holding ultra mikro BUMN.

Baca juga: Ini Alasan Kementerian BUMN Bentuk Holding Ultra Mikro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com