Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipmi Nilai Holding BUMN Ultra Mikro Akan Pacu Pemulihan Ekonomi Nasional

Kompas.com - 19/08/2021, 20:33 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira mengatakan, sinergi ekosistem usaha ultra mikro melalui holding BUMN Ultra Mikro (UMi), akan memacu pemulihan ekonomi yang lebih cepat setelah terpukul pandemi Covid-19.

Adapun holding BUMN UMi ini melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai induk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Anggawira menilai, pembentukan holding sudah sangat tepat untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sebab, krisis akibat pandemi sangat memukul pelaku usaha di tataran bawah.

"Tentu ini sangat bagus dan akan efektif mendorong kinerja ekonomi. Kami mendukung langkah pemerintah ini," ujarnya dalam siaran persnya, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Tokocrypto Luncurkan Marketplace NFT Tokomall

Di sisi lain, Anggawira menilai, ketiga BUMN yang terlibat holding, sudah mapan dalam pemberdayaan dan penyaluran kredit bagi usaha wong cilik. Sehingga akan langsung berlari kencang saat holding resmi terbentuk, tanpa harus beradaptasi lama dalam melakukan ekspansi bisnis.

Anggawira pun berharap pada komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN juga entitas holding untuk menjaga keberagaman dan keunikan bisnis masing-masing perseroan, seperti gadai oleh Pegadaian dan pembinaan kelompok masyarakat oleh PNM.

Anggawira juga menekankan kekhasan bisnis tetap harus ditonjolkan perseroan karena kebutuhan masyarakat akan jasa layanan keuangan yang beragam, terlebih untuk menjaga kinerja segmen tersebut di masa pandemi.

"Apalagi kalau gadai itu bisa menyediakan modal kerja yang cepat dengan menggadaikan," kata Anggawira.

Baca juga: Holding Ultra Mikro Dorong UMKM Naik Kelas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com