Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura Dimulai

Kompas.com - 23/01/2022, 09:06 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan travel bubble antara Indonesia dan Singapura akan diujicobakan pada 24 Januari 2022.

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga dalam siaran pers Sabtu (23/1/2022).

Keputusan ini diambil usai Sandiaga menghadiri rapat pembahasan travel bubble di Angsana Hotel, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (21/1/2022), serta meninjau dua zona travel bubble di Kepri, yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Baca juga: Kapitalisasi Pasar Bursa Naik Jadi Rp 8.463 Triliun dalam Sepekan

“Mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol Kesehatan, termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

"Safe travel bubble tourism Kepri sudah kita siapkan satu tahun lebih bersama Bapak Gubernur dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura,” jelas Sandiaga.

Dengan ujicoba travel bubble ini, Sandiaga berharap akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Selain itu juga memberi sinyal positif, bahwa Indonesia mampu menangani pandemi Covid-19 dengan baik dan terkendali.

Baca juga: Dua Pasien Omicron Meninggal Dunia, Pemerintah Belum Berencana Tarik Rem Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com