Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Mencantumkan Gelar Akademik di KTP?

Kompas.com - 08/06/2022, 09:01 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan aturan baru tentang penamaan warga di dokumen kependudukan, salah satunya penulisan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Aturan pencatatan nama terbaru ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan.

Permendagri ini telah ditetapkan pada 11 April dan diundangkan pada 21 April 2022 lalu. Menurut pemerintah, pencatatan nama pada dokumen kependudukan perlu diatur sebagai pedoman bagi penduduk dan pejabat yang berwenang melakukan pencatatan untuk memudahkan pelayanan publik.

Nah, salah satu yang masih jadi budaya di Indonesia, adalah kebiasaan bagi sebagian orang untuk mencantumkan gelar akademik pada berbagai dokumen resmi.

Baca juga: Mengapa Sentra Ramos Sering Dijadikan Merek Beras dan Apa Artinya?

Lalu dalam regulasi Permendagri yang baru, apakah seseorang bisa mencantumkan gelar akademik seperti gelar sarjana, diploma, doktor, dan sebagainya pada KTP yang jadi kartu identitas resmi?

Peraturan gelar akademik terbaru dalam kartu identitas sudah diatur dalam Permendagri Nomor 73 Tahun 2022. Dalam Pasal 5 ayat (1), gelar pendidikan atau gelar akademik bisa dicantumkan pada KTP dan KK. 

Selain gelar akademik, Kemendagri juga menginzinkan pencantuman gelar keagamaan, marga, famili, dan gelar adat pada KK maupun KTP.

"Gelar pendidikan, adat, dan keagamaan dapat dicantumkan pada Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk elektronik yang penulisannya dapat disingkat," tulis Pasal 5 Permendagri Nomor 73 Tahun 2022.

Namun meski dibolehkan gelar akademik ditulis di KTP dan KK, Kemendagri melarang penulisan gelar pendidikan tersebut dicantumkan di Akta Pencatatan Sipil.

Akta Pencatatan Sipil terdiri dari:

  • Akta Kelahiran
  • Akta Kematian
  • Akta Perkawinan
  • Akta Perceraian
  • Akta Pengakuan Anak

Baca juga: Intip Gaji Polisi Berpangkat AKBP Setingkat Kapolres

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com