Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugus Tugas Digitalisasi B20 Rekomendasikan 4 Kebijakan Digitalisasi

Kompas.com - 08/07/2022, 13:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Gugus Tugas Digitalisasi B20 (B20 Digitalization Task Force Chair) Ririek Adriansyah merumuskan 4 kebijakan digitalisasi untuk memecahkan masalah global yang terjadi saat ini.

Menurut Ririek, saat ini platform digital sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Gugus Tugas Digitalisasi B20 sendiri, dimandatkan untuk memastikan digitalisasi di masa mendatang, menutup kesenjangan, dan mencapai inklusi dalam transformasi digital.

“Artinya kita mau memastikan bahwa kita memiliki keterampilan bisa melakukan navigasi di era digital ini, dan bisa menutup semua perbedaan dari sisi sosial dan ekonomi, kapablilitas, dan bisa beradaptasi dengan teknologi dalam menghadapi tantangan global saat ini,” kata Ririek dalam sambutannya di acara B20-G20 Dialogue: Digitalization Task Force, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: B20 Dorong Penguatan UMKM Lewat Kolaborasi Antar Sektor

Adapun empat rekomendasi kebijakan untuk mendorong digitalisasi mencakup, rekomendasi untuk mendorong konektivitas. Hal ini menurut Ririek penting dilalukan untuk memastikan adanya akses universal kepada masyarakat, sehingga bisa berpartisipasi dalam ekonomi didital dan menutup kesenjangan.

“Kedua, kita bisa membangun ekonomi digital yang tangguh dan mempercaepat pembangunan infrastruktur digital. Ketiga, memastikan adanya mindset yang siap di sektor UMKM, sehingga bisa memberikan pemberdayaan UMKM untuk mengakses platform digital, dan melakukan hal terkait risiko dan mendorong praktik tata kelola usaha yang baik,” jelas dia.

Baca juga: Di Forum B20, Sri Mulyani Singgung Kerja Sama Global Hadapi Konflik Dunia

Keempat, Ririk juga menekankan pentingnya quality action untuk memastikan rekomendasi digitalisasi ini menjadi peritmbangan pemerintah dalam mengambil keputusan. Dalam kesempatan tersebut, Ririek berharap rekomendasi tersebut bisa mendapat support sehingga proses transformasinya akan lebih mudah.

“Pemerintah bisa mesupport digitalisasi dan transformasinya. Lebih dari itu, kita juga ingin membuat rekomendasi kebijakan dan menyampaikannya pada G20, dan kita bisa melihat bagaimana mencapai (solusi) dari masalah global ini,” lanjutnya.

Baca juga: B20: Keterlibatan Perempuan Sumbang 28 Triliun Dollar AS bagi PDB Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com