Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Belanja "Online" Anti Kalap ala "Influencer", Baca "Review" hingga Pilih Rating Bintang 4,5 ke Atas

Kompas.com - 19/08/2022, 12:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja secara online melalui ecommerce kerap kali membuat seseorang kalap dan kelewat batas. Pasalnya, promo yang menarik dan kemudahan proses berbelanja kerap membuat keinginan belanja gagal dibendung pembeli, apalagi ketika ada promo khusus yang berlangsung dalam waktu singkat (flash sale) atau hari belanja online nasional (harbolnas).

Untuk dapat terhindar dari belanja yang kalap, berikut ini adalah beberapa tips dari influencer agar belanja tetap bijaksana dan sesuai anggaran.

Baca description box

Beauty & Mom Influencer Abel Cantika mengatakan, untuk mengurangi sikap impulsif saat berbelanja online, calon pembeli dapat menaruh barang pada keranjang terlebih dahulu.

"Setelah itu baru dibandingkan mana yang paling murah, bentuknya sama atau mirip. Jangan lupa selau membaca description box, itu penting banget," kata dia dalam dalam konferensi pers kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Manfaatkan Promo Shopee, Tips Belanja Hemat Keluarga The Baldys

Lihat review pembeli

Ia menambahkan, saat belanja online penting juga untuk melihat review dari barang yang akan dibeli. Biasanya, Abel akan memprioritaskan barang yang sudah banyak dibeli pembeli lain sebelumnya.

Lalu, Abel tidak lupa juga untuk melihat kolom komentar dari pembeli yang telah mendapatkan barang tersebut. Dengan begitu, ia mengaku mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang barang yang ingin dibeli.

Baca juga: Cerita Pemilik Toko Online Diberi Bintang 1: Seperti Diberi Kotoran, Produk Favorit Jadi Tak Laku...

Pastikan tokonya terpercaya

"Prinsipnya jangan kalap, terutama saat harbolnas. Pastikan juga tokonya terpercaya memiliki tanda star atau mall. Pastikan jangan langsung check out, cari dulu yang paling murah. Prinsipnya mengutamakan manfaat dari sebuah produk," terang dia.

Baca juga: Tips Belanja Pintar dan Hemat ala Prita Ghozie

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com