Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKI: Selain Teknologi, Permasalahan Soal Legalitas juga Penting untuk UMKM

Kompas.com - 25/10/2022, 21:30 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI (Persero) berkomitmen terus meningkatkan kompetensi mitra-mitra bisnisnya, salah satunya UMKM.

Untuk itu, BKI berkolaborasi dengan Forum UMKM dalam Program Pelatihan para UMKM di Kabupaten Bogor.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT BKI Misbahudin Aidy mengatakan, pelatihan legalitas untuk UMKM Kabupaten Bogor akan digelar selama tiga hari, mulai dari 25 hingga 27 Oktober 2022.

Baca juga: Identitas Digital Dinilai Bisa Berikan Kemudahan Akses Finansial Digital UMKM

"Selain permasalahan teknologi yang dirasakan UMKM di era digitalisasi ini, masalah legalitas keberadaan UMKM juga merupakan persoalan penting bagi mereka. Menghadapi prediksi resesi ekonomi 2023 kami berharap usaha-usaha kecil seperti UMKM ini tidak terlalu terdampak besar karena mereka sudah melakukan persiapan dengan mengikuti pelatihan,” ujar Aidy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/10/2022).

Dalam kesempatan itu Aidy juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya Dinas Koperasi dan UMKM, juga kepada Forum UMKM Kabupaten Bogor yang sudah bersedia kolaborasi dengan BKI untuk mengadakan kegiatan pelatihan ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bogor Linda Hendrayani menilai pelatihan untuk UMKM ini sangat bermanfaat.

Baca juga: Menkop: Perlu Ada Jaminan Perlindungan bagi Kegiatan UMKM

“Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk rekan-rekan pelaku UMKM. Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, mereka juga bisa menjadikan UMKM Kabupaten Bogor naik kelas,” kata Linda.

Ketua Umum Forum UMKM Kabupaten Bogor Hasan Haikal Thalib menambahkan, akan mengupayakan program ini terus berlanjut dan memajukan UMKM Kabupaten Bogor.

Turut hadir juga dalam acara pembukaan pelatihan tersebut, Senior Manager Komunikasi Korporasi BKI Erry S Djayus, Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BKI Endah Mustika dan Team dari TJSL BUMN serta 100 orang peserta para Pengurus/Pelaku UMKM Kabupaten Bogor.

Baca juga: Sandiaga Dorong Pelaku UMKM Optimalkan Platform Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com