Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Rekrutmen Pertamina Palsu, Kenali Ciri-cirinya

Kompas.com - 27/12/2022, 18:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan, pengumuman tes seleksi perekrutan karyawan Pertamina yang akan dilaksanakan pada 28-30 Desember 2022 adalah informasi yang tidak benar (Hoaks).

Pjs Vice President Corporate Communications Pertamina Heppy Wulansari bilang, informasi yang beredar saat ini terkait tes seleksi calon karyawan bukan bersumber dari saluran resmi perusahaan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, Pertamina meminta masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap kemungkinan adanya motif penipuan dalam informasi tersebut yang mengatasnamakan Pertamina.

Baca juga: Pertamina: Pengumuman Tes Seleksi Rekrutmen Pertamina Pada 28-30 Desember 2022 Hoaks

"Pengumuman rekrutmen dan informasi seleksi pekerja yang dilakukan Pertamina selalu disampaikan melalui saluran resmi perusahaan seperti website dan akun media sosial resmi. Untuk itu, mohon dapat diabaikan dan berhati-hati terhadap penipuan," ucapnya dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa (27/12/2022).

Untuk informasi serta pendaftaran rekrutmen Pertamina hanya melalui website resmi https://recruitment.pertamina.com. Bagi calon pelamar yang memenuhi klasifikasi persyaratan maka akan diinformasikan melalui email oleh Pertamina dengan alamat email yang sama.

Untuk pengaduan dan mendapatkan informasi resmi bisa menghubungi Pertamina Call Center 135. "Seluruh program rekrutasi Pertamina tidak dipungut biaya. Sekali lagi hati-hati, jika ada yang meminta uang sebagai syarat untuk pendaftaran," pungkas Heppy.

Baca juga: Sambut Tahun Baru, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jawa-Bali Aman

Ciri-ciri Surat Rekrutmen dan Seleksi Pertamina yang Palsu

Pertamina membeberkan surat rekrutmen Pertamina yang palsu dengan nomor 259/HRD/PT.PERTAMINA/Persero/XI/2022, ditujukan kepada calon karyawan BUMN PT Pertamina. Diterbitkan pada 26 Desember 2022.

Ingin menyerupai seperti asli, surat palsu itu menggunakan Kop surat lambang BUMN dan Pertamina. Di dalam surat tersebut tertulis bagi peserta yang lolos seleksi, fasilitas penerbangan, konsumsi, hingga biaya penginapan akan ditanggung oleh Angkasa Pura.

Peserta yang dari luar kota, dari isi surat tersebut harus menanggung biaya akomodasi yang nantinya akan dibayarkan setelah berada di lokasi tes, terletak di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Sementara penggantian biaya pesawat akan diganti di Angkasa Pura yang telah ditentukan.

Ditambah lagi, dalam surat rekrutmen banyak terdapat kesalahan penulisan alias typo. Kemudian di akhir halaman, terdapat surat menggunakan Kop Angkasa Pura Airports yang menampilkan nomor Whatsapp serta nama kontak reservasi tiket. Nantinya, para calon peserta harus mengisi data reservasi yang menjadi satu dengan surat pengumuman.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Pertamina International Shipping Buka Kantor di Dubai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com