Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Manufaktur RI Naik Jadi 51,3, Ditopang Kuatnya Permintaan Dalam Negeri

Kompas.com - 03/02/2023, 15:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat sebesar 51,3 pada Januari 2023, naik dari bulan sebelumnya yang berada sebesar 50,9. Kenaikan ini menunjukkan sektor manufaktur RI masih berada di level ekspansif.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan, PMI manufaktur Indonesia mampu bertahan pada level ekspansif selama 17 bulan berturut-turut di tengah gejolak ekonomi global.

"Sektor manufaktur yang tetap berada di zona ekspansi menunjukkan daya tahan perekonomian Indonesia di tengah gejolak global dan perlambatan manufaktur yang terjadi di berbagai negara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/1/2023).

Baca juga: PMI Kuartal IV 2022 Melambat, BI Yakin akan Membaik di Kuartal IV 2023

Tren ekspansif juga ditunjukkan beberapa negara lain di kawasan ASEAN yaitu Filipina 53,5 dari sebelumnya 53,1 dan Thailand 54,5 dari sebelumnya 52,5.

Sementara beberapa negara justru berada di zona kontraktif seperti Taiwan yang sebesar 44,3 dari sebelumnya 44,6, Malaysia 46,5 dari sebelumnya 47,8, Vietnam 47,4 dari sebelumnya 46,4, Korea Selatan 48,5 dari sebelumnya 48,2, dan Amerika Serikat 46,8 dari sebelumnya 46,2.

Lebih lanjut, Febrio menjelaskan, kinerja manufaktur Indonesia sejalan dengan permintaan dalam negeri yang tetap kuat. Walaupun permintaan dari sisi ekspor masih agak tertahan, peningkatan permintaan domestik mampu mendorong perusahaan untuk meningkatkan aktivitas pembelian barang input.

Baca juga: PMI Manufaktur RI Makin Melambat, Tapi Pemerintah Yakin Permintaan Dalam Negeri Masih Kuat

"Output dan permintaan baru di Indonesia mengalami pertumbuhan tercepat dalam tiga bulan terakhir karena permintaan dalam negeri yang tetap kuat,” katanya.

Menurutnya, secara keseluruhan, optimisme pelaku usaha di awal tahun 2023 meningkat dibandingkan akhir tahun lalu. Ini tercermin dari peningkatan stok barang input.

Selain itu, harga barang input mengalami penurunan walaupun disrupsi pasokan masih terjadi.

"Meskipun demikian, para produsen tetap mengantisipasi kondisi ketidakpastian ekonomi dunia dan cuaca ekstrim yang dianggap berpotensi menghambat laju distribusi," tutupnya.

Baca juga: Menperin Targetkan PMI Manufaktur Capai 51 pada Tahun Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com