Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mobil LCGC Naik 5 Persen, Penjualan Belum Terdampak Signifikan

Kompas.com - 08/05/2023, 16:35 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menaikkan harga mencapai 5 persen untuk jenis mobil Low Cost Green Car (LGCG) per Maret 2023.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian (Menperin) Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), harga acuan yang ditetapkan sebesar Rp 95 juta.

Berikutnya, harga Rp 95 juta direvisi yang tertuang dalam Permenperin Nomor 36 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah menjadi Rp 135 juta.

Baca juga: Pemerintah Batasi Kenaikan Harga Mobil LCGC Paling Mahal Rp 5 Juta

Maka, dengan adanya kenaikan harga LCGC sebesar 5 persen, maka harga kendaraan entry level tersebut naik sekitar Rp 6,7 jutaan.

Kendati harga naik, pada Maret sampai April 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan belum ada dampak signifikan terhadap penjualan pada dua bulan terakhir sejak harga naik diberlakukan.

"Sejauh ini, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap penjualan LCGC," kata Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo kepada Kontan.co.id, Minggu (7/5/2023).

Baca juga: BPH Migas Imbau Mobil LCGC Tak Konsumsi Pertalite, Mengapa?


Jongkie menjelaskan, tidak ada perubahan terhadap penjualan ini lantaran penjualan di kuartal I 2023 cukup baik dan pertumbuhan ekonomi yang juga baik.

Berdasarkan data dari Gaikindo, total penjualan mobil secara wholesale bulan Februari mencapai 94.087 unit dengan 20.701 merupakan segmen LCGC.

Penjualan LCGC pada Januari tahun ini pun naik signifikan dibanding tahun 2022 yang hanya tercatat 12.217 unit. (Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Mobil Listrik dan LCGC Diyakini Bersaing Ketat Pada 2025

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Harga Mobil LCGC Naik 5%, Gaikindo: Belum Ada Dampak Signifikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com