Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Jadi Bank BUMN Terbaik Versi Forbes

Kompas.com - 14/06/2023, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan plat merah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) masuk sebagai salah satu bank terbaik di dunia atau World’s Best Bank 2023 versi Forbes.

Dalam pengumuman yang dirilis Forbes, pada 11 April 2023, Bank Mandiri masuk di urutan ke 49 secara global sebagai Bank terbaik di dunia dengan total pekerja 38.176 pekerja.

Untuk segmen perbankan yang beroperasi di Indonesia, Bank Mandiri menempati posisi ke empat sebagai bank terbaik. Posisi pertama ditempati oleh Bank Central Asia, kedua oleh DBS, dan dilanjutkan oleh Bank Jago.

Baca juga: Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mandiri

Bank Mandiri menjadi Bank BUMN pertama yang menjadi World’s Best Bank 2023 versi Forbes. Disusul oleh Bank Negara Indonesia di posisi 7, Bank Syariah Indonesia pada posisi 8, dan Bank Rakyat Indonesia di posisi 10.

"Bank Mandiri kembali menjadi Bank BUMN nomor 1 dalam daftar World’s Best Bank 2023 versi Forbes," mengutip Instagram Bank Mandiri, Rabu (14/6/2023).

"Untuk menentukan ranking, Forbes bekerja sama dengan Statista dalam melakukan survei kepada lebih dari 48.000 orang di 32 negara. Ada pun indikator penilaiannya meliputi layanan digital, layanan pelanggan, solusi finansial, hingga kepercayaan," lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Bank BUMN Apa Saja? Ini Daftar Lengkapnya

Adapun Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia, dilebur menjadi Bank Mandiri, di mana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Kode Transfer Bank Mandiri dan Bank Lainnya di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com