Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letak Nomor Rekening di Kartu ATM? Ini Cara Cek yang Benar

Kompas.com - 22/06/2023, 12:47 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Nomor rekening di kartu ATM memangnya ada? Banyak nasabah bank masih awam terkait letak nomor rekening di kartu ATM.

Padahal dalam kartu debit atau kartu ATM, tidak ada informasi terkait nomor rekening. Di bagian depan kartu, memang terdapat 16 digit angka.

Namun deretan angka tersebut adalah nomor kartu yang merupakan identifikasi nasabah, dan bukan merupakan nomor rekening di kartu ATM.

Letak nomor rekening tidak ada di kartu debit, baik itu di bagian depan maupun belakang. Nomor rekening bisa dilihat pada buku tabungan.

Baca juga: Cara Blokir Kartu ATM BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri Lewat HP

Selain itu, nomor rekening nasabah juga bisa diketahui apabila nasabah membuka aplikasi mobile banking. Cara lainnya untuk mengetahui nomor rekening adalah dengan melakukan transaksi mutasi di mesin ATM.

Namun baik nomor rekening maupun nomor kartu, keduanya bersifat rahasia. Jadi apabila ingin terhindari dari tindak kejahatan perbankan, jangan beritahukan kedua nomor tersebut kepada orang lain.

Hal lain yang harus diketahui, nomor pada kartu ATM memiliki batas kadarluasa atau masa berlaku. Sehingga apabila masa berlakunya habis, maka kartu ATM sudah tak bisa dipakai untuk transaksi apa pun.

Nomor rekening di kartu ATM adalah kekeliruan

Sebagaimana informasi yang sudah dijelaskan di atas, letak nomor rekening di kartu ATM adalah sebuah kekeliruan. Tidak ada nomor rekening di ATM.

Nomor 16 digit pada bagian depan kartu debit adalah nomor kartu, bukan nomor rekening. Sementara nomor yang ada di sisi belakang kartu adalah nomor CVV atau CVC.

Baca juga: Cara Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang atau Tertelan Mesin

Untuk diketahui, kode CVV berupa 3 digit angka paling belakang yang tercetak di belakang kartu, kode ini bersifat sangat rahasia.

CVV adalah kependekan dari Card Verification Value. Sebutan lain dari CVV yaitu CVC atau kepanjangannya Card Verification Code.

Baik CVV maupun CVC sebenarnya sama saja, yang membedakan keduanya adalah hanya pada perusahaan jaringan pembayaran yang jadi penerbit kartu alias prinsipal.

Untuk kartu ATM VISA menggunakan istilah CVV. Sementara untuk kartu yang dikeluarkan MasterCard menggunakan sebutan CVC.

Baca juga: Cara Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA

Cara cek nomor rekening

Apabila Anda kebetulan tidak membawa buku tabungan, maka cara cek nomor rekening bisa dilihat melalui aplikasi mobile banking. Secara umum, tahapan cara mengecek nomor rekening di mobile banking masing-masing bank nyaris sama. 

Untuk contoh saja, berikut cara mengecek rekening di Bank BCA via online:

  • Buka aplikasi BCA mobile Pilih m-BCA Masukkan 6 digit kode akses m-BCA
  • Klik “Login”
  • Lalu pilih “m-Info”
  • Selanjutnya pilih “Info Saldo”
  • Masukkan PIN m-BCA Layar akan menampilkan informasi nomor rekening BCA dan informasi saldo
  • Jika susah mengingat nomor rekening yang muncul di layar, Anda bisa menuliskannya di catatan atau melakukan screenshoot (tangkapan layar)

Itulah informasi seputar kekeliruan soal nomor rekening di kartu ATM. Pada dasarnya, anggapan letak nomor rekening di kartu ATM adalah salah. 

Baca juga: Syarat dan Cara Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang dengan Mudah

Artikel ini meluruskan anggapan kalau nomor rekening di kartu ATM. letak nomor rekening di kartu ATM adalah sebuah kekeliruan. Cara mengecek nomor rekening adalah melalui buku tabungan atau juga bisa dilihat melalui aplikasi mobile banking.Muhammad Idris/Money.kompas.com Artikel ini meluruskan anggapan kalau nomor rekening di kartu ATM. letak nomor rekening di kartu ATM adalah sebuah kekeliruan. Cara mengecek nomor rekening adalah melalui buku tabungan atau juga bisa dilihat melalui aplikasi mobile banking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com