Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Idul Adha, ASDP Perkirakan Jumlah Penumpang Kapal Naik 10 Persen

Kompas.com - 27/06/2023, 15:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan selama libur panjang Idul Adha 1444 Hijrah akan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni.

General Manager ASDP Cabang Merak Suharto mengatakan, diperkirakan puncak arus mudik libur panjang Idul Adha ini akan terjadi pada Rabu (28/6/2023).

Untuk itu, pihaknya telah melakukan pesiapan layanan cabang untuk mengantisipasi arus berangkat dan balik pada momentum libur panjang ini.

"Dengan adanya prediksi puncak arus mudik libur panjang Idul Adha di tanggal 28 Juni 2023, sejak minggu lalu telah mempersiapkan berbagai fasilitas dalam mendukung operasional penyeberangan dan pelabuhan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Dua Sisi Cuti Bersama Idul Adha: Bisa Quality Time buat ASN, Suram buat Pekerja Swasta

Adapun sarana kapal yang disiapkan di lintas Merak-Bakauheni, melalui koordinasi dan jadwal yang ditetapkan oleh BPTD sebanyak 28 unit kapal akan dioperasikan 24 jam selama periode libur Idul Adha.

ASDP Cabang Merak sendiri, akan mengoperasikan 6 dermaga yang terdiri dari 5 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif untuk mendukung kelancaran angkutan penyeberangan serta memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna jasa.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sebanyak 13 unit vending machine untuk boarding dan check-in tiket penumpang, terdiri dari 8 unit layanan reguler dan 5 unit layanan eksekutif, 15 unit loket toll gate untuk boarding dan check-in tiket kendaraan, yang terdiri dari 8 unit loket roda empat atau lebih, 2 unit loket kendaraan roda dua, dan 5 unit loket eksekutif.

Baca juga: DPR Minta Pengusaha Tidak Potong Gaji Karyawan saat Cuti Bersama Idul Adha 2023

ASDP juga telah memastikan serta meningkatkan standar keamanan dan pengawasan selama periode Lebaran Haji berlangsung.

"Kami telah menyediakan 136 unit CCTV yang tersebar di seluruh area Pelabuhan Merak. Selain itu, untuk mengantisipasi antrean panjang pada arus mudik, area parkir juga telah disiapkan dengan kapasitas mencapai 5.349 unit kendaraan kecil," ungkapnya.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan puncak arus balik dari Bakauheni diperkirakan terjadi pada tanggal 2 Juli 2023, sesuai dengan berakhirnya cuti bersama bagi ASN yang jatuh pada tanggal 28 hingga 30 Juni 2023 serta berakhirnya libur sekolah.

"Berdasarkan data perbandingan antara Idul Adha 2022 dan Idul Adha 2019, ASDP Cabang Bakauheni memperkirakan adanya peningkatan trafik kendaraan sebesar 1 persen dibandingkan dengan Idul Adha 2022, dengan total kendaraan mencapai 9.972 unit kendaraan setiap hari," tuturnya.

Baca juga: Libur Idul Adha Ada Pembatasan Angkutan Barang, Simak Aturannya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com