Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bahaya Sok Pintar dalam Dunia Kerja

Kompas.com - 03/07/2023, 11:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Menjadi orang pintar nan cerdas bisa membawa banyak keberuntungan bagi kita. Tapi, ternyata dalam dunia kerja, merasa menjadi orang paling pintar merupakan salah satu sikap yang dihindari oleh leaders.

Kara Goldin, Founder Hint, bahkan mengungkapkan selama bertahun-tahun terjun dalam proses rekrutmen, banyak kandidat yang berusaha menunjukkan sisi “pintar”-nya. Namun, hal itu justru membuatnya terlalu kompetitif sehingga merasa lebih hebat dari semua orang.

Tak hanya itu, Juventia Vicky, President Hacktiv8 Indonesia, dalam siniar Obsesif episode “Be The Clearest, Not The Smartest” dengan tautan dik.si/ObsesifVicky, juga mengungkapkan kandidat yang baik adalah bukan yang terpintar tapi mampu berkomunikasi dengan jelas.

Kenapa Merasa Paling “Pintar” Itu Berbahaya?

Dalam lingkungan kerja yang kompetitif, beberapa kandidat dan pekerja kerap kali mencoba membuktikan diri dengan menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Sayangnya, kesempatan itu sering digunakan untuk ‘pamer’ sehingga ada tendensi untuk merasa paling pintar.

Memiliki kemampuan yang mumpuni tentu sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, jika tak dikelola dengan tepat, hal ini bisa menimbulkan perasaan sombong sehingga merasa kita yang paling ‘sempurna’ dan ‘hebat’ dibandingkan rekan kerja lainnya.

Baca juga: Ekosistem Digital, Solusi Tepat untuk Efisiensi Bisnis

Tentu saja, sikap ini sangat berlawanan dengan prinsip yang harus diaplikasikan dalam dunia kerja, yaitu mampu menghargai orang lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

Merasa paling pintar bisa membuat kita jadi tak toleran dengan pendapat rekan kerja. Alhasil, kita jadi memaksakan ide-ide yang dipunya untuk segera diaplikasikan, padahal belum tentu semua itu relevan dengan kondisi yang sedang dihadapi.

Kita juga enggan menerima kritik karena menganggap rekan kerja lainnya belum memiliki pengalaman sepadan. Sementara, sikap rendah hati dan mampu mendengarkan opini satu sama lain adalah kunci keberhasilan pekerjaan.

Dari proses itu pula, kita bisa belajar hal-hal baru yang bisa membuat diri berkembang.

Sebagai karyawan biasa, kita tak boleh bersikap merasa paling pintar. Meskipun memiliki tujuan lain, seperti ingin cepat mendapat promosi, namun sikap toleransi tetap harus dijunjung tinggi. Merasa paling pintar bisa membuat kita jadi pemimpin yang arogan.

Faktanya, penelitian dari Universitas Toronto menunjukkan bekerja untuk pemimpin yang arogan memiliki efek negatif pada kinerja, penurunan harga diri karyawan, dan moral anggota tim.

Selain itu, penelitian DDI, menunjukkan ada 57 persen orang keluar dari perusahaan karena atasan mereka bersikap arogan.

Mengurangi Sifat Merasa Paling “Pintar”

Menurut Forbes, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sifat merasa paling “pintar”. Pertama, hormati opini orang lain. Meski kita juga memiliki ide yang menarik, kita juga harus mendengarkan orang lain mengungkapkan ide-ide mereka.

Dengan menghormati opini orang lain, kita bisa menggabungkan ide-ide tersebut untuk menciptakan hasil pekerjaan yang lebih maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com