Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHE Batal IPO Tahun Ini

Kompas.com - 26/07/2023, 21:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) batal melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini.

Menurut dia, keputusan penundaan IPO subholding upstream PT Pertamina (Persero) itu setelah dilakukan penilaian atau review terkait kinerja Pertamina Group, termasuk melihat dinamika pasar saat ini.

"Jadi kami kemarin lagi me-review PHE listing, dan kami akan tunda listing-nya PHE nanti sampai menunggu momentum di market," ungkapnya saat ditemui di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Amman, PHE, hingga Palm Co Bersiap IPO, Bagaimana Dampaknya bagi Pasar Saham?

Ia menuturkan, kondisi pasar yang dimaksud di antaranya yakni dinamika pasar modal dan harga minyak mentah yang trennya sedang menurun.

Tiko menyebut, momentum IPO harus mempertimbangakan kedua hal tersebut. Oleh sebab itu, Kementerian BUMN memutuskan untuk menunggu waktu yang tepat membawa PHE melantai di pasar modal.

"Kita lagi tunggu, karena momentum IPO ini kan dua sisi, market-nya dan harga minyaknya. Jadi kita akan tunda sampai waktunya pas," ucapnya.

Menurut Tiko, saat ini PHE akan difokuskan untuk optimalisasi operasional, salah satunya dengan mengeksplorasi sumur minyak baru. Maka dari itu, PHE akan lebih mencari partner investasi.

"Jadi kita fokusnya akan ganti untuk lebih cari partner investasi. IPO-nya kita tunda dulu. Pasti enggak tahun ini (IPO)," tutupnya.

Sebelumnya IPO PHE ditargetkan bisa terlaksana di tahun ini. Rencananya PHE bakal melepas sahamnya sekitar 5-10 persen ke publik saat IPO.

Baca juga: Kementerian BUMN Targetkan IPO PHE Semester I-2023, Bernilai Jumbo?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com