Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elpiji 3 Kg Langka, Pertamina Pastikan Tak Ada Pengurangan Pasokan

Kompas.com - 03/08/2023, 15:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina memastikan tidak ada pengurangan pasokan Elpiji tabung 3 kg di lapangan meski masyarakat mengeluhkan kelangkaan Elpiji 3 kg tersebut.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan, pihaknya memastikan pendistribusian Elpiji 3 kg berjalan dengan lancar.

"LPG ini (3 kg) tidak akan pernah kita kurangi dan akan terus kita upayakan selalu tersedia untuk masyarakat yang membutuhkan," kata Riva dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Kementerian ESDM: Elpiji 3 Kg Tidak Langka, tapi Distribusinya yang Bermasalah

Riva mengatakan, Pertamina memiliki 46 terminal Elpiji yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 699 stasiun pengisian bulk LPG (SPBE), 5.200 Agen dan 244.00 pangkalan Elpiji 3 kg.

Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan peningkatan jumlah pangkalan agar semakin dekat dengan permukiman masyarakat.

"Saat ini kami berupaya meningkatkan jumlah pangkalan tersebut dalam kaitannya menjangkau masyarakat lebih dalam dan jauh lagi sehingga mempermudah masyarakat dapatkan LPG 3 kg," ujarnya.

Baca juga: Dirut Pertamina Ancam Tindak Tegas Pangkalan Elpiji Nakal

Stok Elpiji 3 kg

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution mengatakan, pasokan Elpiji 3 kg per Juli 2023 berkisar 14 hari operasional (HOP).

"Dari sisi stok dan pasokan yang telah kita lakukan di bulan Juli, kami sampaikan bahasanya stok LPG ini berkisar 14 hari, dan ini cukup aman," kata Alfian.

Alfian mengatakan, untuk memenuhi permintaan, pasokan Elpiji 3 kg pada Juli 2023 mencapai 690.000 metrik ton atau 5 persen di atas pasokan Elpiji di bulan Juni 2023.

"Ketahanan stok ini akan terus kami lakukan dengan cara baik produksi dalam negeri maupun impor dan kami akan yakin itu kita bisa menahan di posisi 14-15 hari," ujarnya.

Baca juga: Bos Pertamina: Elpiji 3 Kg Subsidi Hanya untuk Masyarakat Miskin


Lebih lanjut, Alfian mengatakan, Pertamina pada prinsipnya mendukung kebijakan pemerintah untuk mengimplementasikan transfirmasi subsidi Elpiji 3 kg tepat sasaran.

"Yang mana tadi sudah disampaikan bahwa pelaksanaannya sudah dilakukan secara bertahap dan tentu kami berharap pelaksanaan ini bisa berjalan terus ke seluruh Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Kasus Oplos Elpiji di Karawang dan Padang, Pertamina Bakal Tindak Tegas Pangkalan jika Terbukti Terlibat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com