Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Indonesia Naik Jadi 75,06 Dollar AS Per Barrel

Kompas.com - 11/08/2023, 17:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Juli 2023 ditetapkan sebesar 75,06 dollar AS per barrel, naik 5,70 dollar AS per barrel dari sebelumnya sebesar 69,36 dollar AS per barrel pada Juni 2023.

"Penetapan ICP Juli 2023 sebesar 75,06 dollar AS per barrel, tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 272.K/MG.03/DJM/2023 tentang Harga Minyak Mentah Bulan Juli 2023 tanggal 1 Agustus 2023," ungkap keterangan resmi Ditjen Migas Kementerian ESDM, Jumat (11/8/2023).

Menurut analisis Tim Harga Minyak Mentah Indonesia dalam Executive Summary, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga minyak mentah utama di pasar internasional.

Di antaranya, indikasi terjadinya pengetatan pasokan minyak global, seiring pemotongan produksi OPEC+ terutama Arab Saudi dan Rusia.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Semakin Susut, Harga Pertalite Bisa Turun?

Selain itu, dipengaruhi ekspektasi bahwa pengetatan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral AS dan Eropa akan berakhir, serta tambahan stimulus pada perekonomian China.

"Peningkatan harga minyak mentah dipengaruhi oleh faktor pasokan dan permintaan minyak mentah global serta perekonomian global,” ungkap Tim Harga dalam executive summary.

Peningkatan harga minyak mentah akibat perekonomian global, di antaranya karena pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS pada kuartal II-2023 tumbuh melebihi 2,4 persen.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Turun Tipis Dipicu Aksi Ambil Untung

Laju pertumbuhan ekonomi itu menunjukkan bahwa ekonomi AS tetap relatif kuat meskipun ada serangan agresif dari pengetatan kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve.

Indikator lainnya, ekonomi beberapa negara di zona Eropa pada kuartal II-2023 menunjukkan ketahanan di tengah sejumlah indikator terkait manufaktur dan jasa menunjukkan perlemahan.

"Peningkatan harga minyak mentah untuk kawasan Asia Pasifik, selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, juga dipengaruhi oleh permintaan minyak mentah yang kuat dari kilang-kilang China dan India, terutama untuk minyak mentah Rusia yang harganya lebih murah," tulis Tim Harga.

Baca juga: Harga Minyak Mentah ICP September 2022 Turun, Jadi 86,07 Dollar AS Per Barrel

Berikut perkembangan minyak mentah utama di pasar internasional pada Juli 2023:

- Dated Brent naik sebesar 5,35 dollar AS per barrel dari 74,70 dollar AS per barrel menjadi 80,05 dollar AS per barrel.

- WTI (Nymex) naik sebesar 5,77 dollar AS per barrel dari 70,27 dollar AS per barrel menjadi 76,04 dollar AS per barrel.

- Brent (ICE) naik sebesar 5,18 dollar AS per barrel dari 74,98 dollar AS per barrel menjadi 80,80 dollar AS per barrel.

- Basket OPEC naik sebesar 5,61 dollar AS per barrel dari 75,19 dollar AS per barrel menjadi 80,80 dollar AS per barrel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com