Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kemenaker Jalankan Program TKM Pemula untuk Ciptakan Wirausaha Baru

Kompas.com - 22/08/2023, 14:44 WIB
F Azzahra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) membuat program kewirausahaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula sebagai upaya untuk menciptakan wirausaha baru di kalangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus (Stafsus) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Titik Masudah dalam acara Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Pendamping TKM Tahun 2023, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/8/2023).

"Pembekalan TKS merupakan forum komunikasi dan koordinasi untuk mendukung pendamping TKM Pemula secara optimal," ucap Titik Masudah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Ia menjelaskan, pendampingan usaha oleh TKS dilakukan untuk mendukung TKM Pemula. Sebab, TKS memiliki peran penting sebagai motivator bagi TKM Pemula dalam mengembangangkan usahanya.

Baca juga: Pendaftar Polteknaker Capai 14.836 Orang, Sekjen Kemenaker: Progres yang Sangat Signifikan

"Selain motivator, TKS berperan sebagai fasilitator yang memperluas jejaring kemitraan, akses permodalan, dan pemasaran. Peran TKS sebagai fasilitator harus dioptimalkan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban bantuan usaha yang diterima," tutur Titik.

Sementara itu, Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemenaker Iwan Darmawan mengatakan, pembekalan TKS dilakukan untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

"Harapannya, kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas TKS sebagai pendamping TKM Pemula," kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com