Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pemberdayaan Daerah Gambut di Bengkalis oleh PT KPI Mampu Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Kompas.com - 30/04/2024, 21:33 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) melaksanakan Program Sungai Gambut Berseri (Bersih, Sehat, Mandiri) di Bengkalis, Riau sejak 2023 untuk mendapatkan air bersih. Program ini merupakan upaya pengurangan dampak perubahan iklim lewat Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR melalui program Sungai Gambut Berseri ini dilakukan di sekitar wilayah operasi PT KPI Unit Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Program yang dilakukan di Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda, Kec. Siak Kecil tersebut telah berdampak banyak untuk desa dan masyarakat setempat.

"Program yang kami laksanakan di Kilang Unit Sei Pakning ini dijalankan untuk melindungi kawasan hutan rawa gambut yang mencapai 1,22 hektar," kata Corporate Secretary KPI Hermansyah Y Nasroen melalui keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: 3 Program Pertamina Sei Pakning, dari Pengelolaan Gambut hingga Penanaman Mangrove

Ia menambahkan, pada program ini, KPI juga membangun unit filtrasi air gambut atau yang dikenal FILAGAM dengan modifikasi biokoagulan.

Selanjutnya, pengembangan program tersebut juga telah memberdayakan masyarakat sekitar melalui Koperasi Tirta Muda Beringin, kelompok penerima manfaat langsung dari Program Sungai Berseri Gambut.

Keberhasilan program tersebut juga telah menaikkan taraf hidup anggota kelompok tersebut dengan meningkatnya pendapatan rata-rata 40 persen, yakni Rp 3,7 juta per bulan.

"Angka ini telah melebih Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Bengkalis," lanjut Hermansyah.

Baca juga: Peneliti BRIN Tawarkan Restorasi Ekosistem Gambut Berbasis Masyarakat

Program pemberdayaan masyarakat di lahan gambut jadi unggulan PT KPI, berhasil mendapatkan 5 penghargaan sekaligus di ajang Global CSR dan ESG Summit & Awards 2024 yang dilaksanakan di Hanoi, Vietnam beberapa hari yang lalu.DOK. PT KPI Program pemberdayaan masyarakat di lahan gambut jadi unggulan PT KPI, berhasil mendapatkan 5 penghargaan sekaligus di ajang Global CSR dan ESG Summit & Awards 2024 yang dilaksanakan di Hanoi, Vietnam beberapa hari yang lalu.

Atas prestasi ini, program unggulan PT KPI ini mendapatkan 5 penghargaan sekaligus di ajang Global CSR dan ESG Summit & Awards 2024 yang dilaksanakan di Hanoi, Vietnam beberapa hari yang lalu.

Sementara secara total, PT KPI memborong 14 penghargaan CSR dan ESG dalam ajang internasional yang telah digelar selama 16 tahun itu.

"Ajang penghargaan ini tentu diikuti oleh perusahaan-perusahaan terbaik. Ini tentu akan meningkatkan sudut pandang para pelaksana program di lapangan untuk terus mengembangkan program yang dilaksanakan," jelas Hermansyah.

Baca juga: KPI Targetkan Olah 342 Juta Barrel Minyak Mentah Sepanjang 2023

Penghargaan ini, lanjutnya, menunjukkan bahwa keberlanjutan operasi kilang di PT KPI tidak hanya melulu pada bagaimana perusahaan mengoperasikan kilang saja.

Namun, juga bagaimana perusahaan menjalankan operasional dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, & Governance) dalam setiap proses bisnis.

"Termasuk juga kepedulian kami kepada lingkungan dan masyarakat dimana kami beroperasi," lanjut Hermansyah.

Sebagai informasi, Global CSR dan ESG Summit & Awards 2024 mengambil tema “Generating Meaningful Impact. Unlocking Value”.

Ajang ini berfokus untuk menginspirasi para peserta dalam mengembangkan kebijakan-kebijakan ESG yang lebih baik guna meningkatkan nilai perusahaan seiring dengan pergeseran industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com