Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Capai Produksi hingga 300 Ton Tiap Bulan, PT Thermo Tech Solutions Penuhi Kebutuhan Insulasi Bangunan di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2023, 15:37 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – PT Thermo Tech Solutions memimpin pasar crosslinked foam thermal insulation melalui produk unggulan Toilon ThermoTech. Untuk penuhi kebutuhan insulasi bangunan Indonesia, perusahaan memproduksi 150-300 ton produk per bulan.

“Sebagian besar penggunanya ialah pabrik-pabrik, pergudangan, rumah sakit, data center, dan perumahan,” ujar Direktur Utama PT Thermo Tech Solutions, Je Hwan Young dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (13/9/2023).

Young mengatakan bahwa Toilon ThermoTech menjadi satu-satunya pabrik yang membuat produk dengan konsep atau gagasan Isolasi Physically CrossLinked di Indonesia selama 15-20 tahun terakhir.

Di samping itu, berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang crossLinked technology, Toilon ThermoTech telah mengekspor produknya sejak 2001 ke United Emirates Arab, Qatar, Australia, Filipina, Malaysia, United State of America, India, Korea, dan beberapa negara lain.

Saat ini, Toilon ThermoTech CrossLinked Foam Thermal Insulation memenuhi kebutuhan insulasi HVAC Duct, acoustic liner, pipa, atap, pelapis dinding, raised floor, dan underlayer dengan tiga laminasi aluminum foil (eco premium dan pro UV.)

“Toilon ThermoTech CrossLinked Foam Thermal Insulation kini menjadi solusi berbagai kebutuhan insulasi karena terbuat dari bahan berkualitas yang tahan terhadap air, peredam suara dan panas secara efektif dengan permukaan yang sangat soft dan light," ujar Young.

Young menjelaskan, crosslinked foam thermal insulation diproduksi menggunakan bahan dasar utama biji plastik berkualitas dengan standar tertentu dan diolah menggunakan mesin canggih teknologi asal Korea yang saat ini hanya dimiliki Toilon ThermoTech.

Produk Toilon ThermoTech.Dok PT Thermo Tech Solutions Produk Toilon ThermoTech.

Crosslinked foam thermal insulation memiliki banyak keunggulan dari produk lain sejenis. Dengan bahan yang soft dan light, produk mudah untuk diinstalasi dan kontrol.

Produk juga efektif untuk save energy dan cooling cost, dengan K-Value 0,0316W/mK.

“Toilon ThermoTech tahan terhadap air dan tidak menyerap air. Meskipun ada kebocoran air di atap, (kami jamin) tidak bermasalah. (Selain itu), harga sangat kompetitif dibandingkan dengan insulasi lainnya. Produk sudah dibuat dan dipasarkan di Indonesia sejak 2001, terbukti aman dikirim ke mana saja dengan jaminan tepat waktu,” katanya.

Ketahanan lebih dari 10 tahun

Dengan kualitas produk yang tinggi, Toilon ThermoTech berhasil mengantongi sertifikasi international dari Singapura, Eropa dan Inggris. Sedangkan sertifikasi nasional diperoleh dari Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai lebih dari 50 persen. Ketahanan produknya, kata Young, juga melampaui 10 tahun.

Dengan mengantongi sertifikasi tersebut, Toilon ThermoTech mendapat megaproyek yang dikenal dengan Proyek Nusantara di Kalimantan.

"Kami ingin mendukung proyek Green City ini dengan materi kami. Kami memiliki lebih banyak jalur produksi, teknologi, dan pengetahuan,” kata Young.

Dengan crosslinked foam thermal insulation, penggunannya dapat menghemat energi dan biaya pendinginan. Meski sebelumnya, aku Young, tidak ada yang mau menggunakan insulasi atap ketika membangun pabrik atau rumah. Tapi kini, produk ini sudah sangat diminati.

“Penggunaan insulasi untuk atap dan dinding dapat membuat suhu ruangan jauh lebih rendah daripada di luar ruangan. Insulasi akan membuat (udara dalam ruangan) lebih sejuk meski musim panas,” kata Young.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com