Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kerja di Kapal Pesiar? Ini 5 Rekomendasi Lembaga Pelatihannya

Kompas.com - 01/10/2023, 22:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan di hotel dan kapal pesiar menjadi incaran banyak generasi muda. Selain gaji tinggi dan beragam benefit, Industri hotel dan kapal pesiar menawarkan pengalaman bekerja dalam kemewahan dan kesempatan berkeliling dunia dengan penghasilan puluhan juta rupiah.

Bagi yang ingin mengejar karir di dunia hotel dan kapal pesiar, memilih lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang terpercaya merupakan langkah yang paling efektif. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi menetapkan top 5 lembaga pelatihan untuk mencapai impian tersebut.

Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek Dikti, menetapkan top 5 lembaga pendidikan yang menghadirkan program vokasi di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar. Antara lain, Idea Indonesia Akademi (IDEA), NCL Madiun, Neptune Kediri, Sangkuriang Maritim Hotel Institute (SMHI) Bogor, dan Overseas Training Centre (OTC) Bali.

Baca juga: Kapal Pelni Bakal Punya Wajah Baru, Area Hiburan Ikut Disulap

Idea Indonesia Akademi (IDEA), yang sebelumnya dikenal sebagai LKP Idea Indonesia merupakan lembaga vokasi menawarkan program vokasi di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar dengan jaminan penempatan kerja 100 persen di industri hotel, kuliner, dan kapal pesiar. Dalam perjalanannya sejak tahun 2009, IDEA telah melatih dan menempatkan lebih dari 7.000 alumni di lebih dari 1.200 perusahaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain bekerja sama dengan mitra industri, IDEA juga mengoperasikan sendiri usaha di bidang hotel, restoran, resort, villa, dan perkantoran. IDEA juga menghadirkan fasilitas praktikum berstandar hotel berbintang 3 dan 4. Vokasi IDEA mencakup berbagai bidang seperti Front Office, Back Office, Food Beverage Product (FBP), Food Beverage Service (FBS), dan Housekeeping.

“IDEA memiliki berbagai aspek pelatihan antara lain, fasilitas belajar dan praktik berstandar internasional, pengajar/mentor adalah para manager hotel berpengalaman, waktu pelatihan hanya 3 – 6 bulan langsung ditempatkan kerja, dan dijamin kerja dengan garansi 100 persen biaya kembali” kata Direktur Utama Idea Indonesia, Eko Desriyanto dalam siaran pers Minggu (1/10/2023).

Baca juga: Lowongan Adaro Energy untuk D3-S1, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Selanjutnya, ada NCL Madiun yang merupakan sekolah Perhotelan dan Kapal Pesiar dengan akreditasi A dari Ditjen Vokasi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia. NCL Madiun mencatatkan sebanyak 98 persen lulusan dan alumni bekerja pasca pendidikan. NCL Madiun juga telah memiliki Legalitas Badan Hukum & Ijin Resmi sebagaimana telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan.

NCL Madiun memiliki program dan fasilitas unggulan untuk siswa-siswi yang menjalankan program studi perhotelan dan kapal pesiar melalui mekanisme dan alur pengarahan karir, pelatihan dan sistem belajar terpadu, teori dan pembekalan praktek keterampilan kerja.

Selanjutnya, ada Neptune Kediri yang merupakan lembaga vokasi program studi perhotelan dan kapal pesiar dengan kurikulum berstandar international dengan sarana dan fasilitas penunjang untuk pekerja di bidan hospitality industry.

Baca juga: Awak Kapal Tradisional Diberikan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Adapun sistem pendidikan yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan terbaru, dengan berbagai materi pembelajaran dengan komposisi materi praktek 80 persen, dan teori 20 persen.

Kemudian, Sangkuriang Maritim Hotel Institute (SMHI) Bogor merupakan salah satu lembaga pendidikan non-formal dan pelatihan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang perhotelan kapal pesiar dengan tujuan untuk memperluas kesempatan kerja, dan menghasilkan lulusan sebagai asset nasional yang berkualitas internasional dan memiliki keahlian di bidangnya. 

Untuk mendorong mutu, SMHI menjalin kerja sama dengan perusahaan internasional dan agen-agen kapal pesiar dan membantu para lulusannya untuk dapat bekerja di kapal pesiar serta perhotelan. SMHI juga menerapkan standar pendidikan yang selaras dengan dunia usaha dan dunia industri kapal pesiar dan perhotelan.

Terakhir, Overseas Training Centre (OTC) Bali yang merupakan lembaga vokasi untuk program studi perhotelan dan kapal pesiar. OTC bali menghadirkan program pendidikan satu tahun, dimana para peserta didik juga bisa mencicil biaya pendidikannya selama tiga kali. OTC Bali bekerja sama dengan MSC Cruise Land dan Diamond Cruise Land untuk memudahkan penyaluran tenaga kerja peserta didik.

Baca juga: Sudah Tahu Belum Arti Kapal RORO dan Kapal Ferry?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com