Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cash Flow Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengaturnya

Kompas.com - Diperbarui 25/11/2023, 23:59 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comCash flow adalah istilah umum digunakan dalam keuangan yang menggambarkan masuk dan keluar uang di suatu perusahaan selama periode tertentu. Istilah lain dari cash flow adalah arus kas atau laporan arus kas. 

Pengertian cash flow

Dikutip dari Investopedia, cash flow adalah pergerakan uang masuk dan keluar suatu perusahaan. Uang tunai yang diterima menandakan arus masuk (inflow), dan uang tunai yang dikeluarkan berarti arus keluar (outflow).

Cash flow atau laporan arus kas adalah laporan keuangan yang melaporkan sumber-sumber perusahaan dan penggunaan uang tunai dari waktu ke waktu.

Baca juga: Kejar Target 35 Juta Ton Beras pada 2024, Plt Mentan Panen dan Tanam Padi di Sukoharjo

Dutip dari Gramedia.com, cash flow adalah suatu laporan arus kas yang di dalamnya terdiri dari pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan akan masuk ke dalam cash flow.

Oleh karena itu, laporan cash flow masuk ke dalam salah satu jenis laporan keuangan perusahaan. Laporan arus kas dapat memberikan detail informasi mengenai arus kas masuk atau pemasukan dan arus kas atau pengeluaran yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Dengan adanya cash flow, diharapkan dapat mengetahui informasi secara riil mulai dari pemasukan kas hingga kas pengeluaran yang ada di dalam suatu perusahaan.

Dengan informasi tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah dalam mengetahui kondisi kas perusahaan di kemudian hari hingga menjadikan hal tersebut sebagai acuan pengembangan ke tahap berikutnya.

Baca juga: Proyek UPLAND Kementan dan ICCI Cetak Kemitraan untuk 5 Komoditas

Cash flow sangat penting dalam mengukur kesehatan keuangan suatu perusahaan karena menunjukkan seberapa baik perusahaan dapat menghasilkan dan mengelola uang tunai untuk memenuhi kewajiban operasionalnya.

Laporan cash flow memiliki dua hasil yaitu laporan arus kas positif dan negatif. Laporan arus kas positif adalah arus kas yang bisa menunjukkan jika uang masuk pada suatu perusahaan tercatat lebih banyak daripada uang yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Sementara, arus kas negatif adalah suatu arus kas yang menunjukkan jika jumlah uang keluar pada sebuah perusahaan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah uang yang masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Sinyal TikTok Shop Comeback Menguat, Bos TikTok Bakal Temui Jokowi

Ketika perusahaan mengalami kondisi arus kas negatif secara terus menerus, maka perusahaan tersebut sudah mengalami kerugian, sehingga berdampak pada kebangkrutan perusahaan.

Akan tetapi, ketika perusahaan menunjukkan kondisi arus kas positif secara berkala, maka hal tersebut menandakan jika perusahaan tersebut telah mengalami perkembangan secara terus menerus.

Jenis cash flow

Setidaknya ada tiga jenis cash flow atau arus kas yaitu arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan. 

1. Cash flow operasi

Cash flow operasi atau arus kas operasi menggambarkan arus uang yang terlibat langsung dengan produksi dan penjualan barang dari operasi biasa.

Arus kas operasi menunjukkan apakah suatu perusahaan memiliki cukup dana untuk membayar tagihan atau biaya operasionalnya .

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com