Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Rayakan Ulang Tahun, TOTO Indonesia Komitmen pada Penyelesaian Problem Sanitasi Tanah Air

Kompas.com - 30/11/2023, 19:43 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua perusahaan saniter di Indonesia merayakan ulang tahun bersama, yakni PT Surya Toto Indonesia Tbk, selaku manufaktur saniter, fitting, dan kitchen brand TOTO merayakan ulang tahun ke-45 dan PT Surya Pertiwi Tbk selaku distributor tunggal brand TOTO yang turut merayakan ulang tahun ke-55.

Acara puncak perayaan ulang tahun digelar di The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place, Selasa (28/11/2023).

“Fasilitas PT Surya Toto Indonesia Tbk yang didirikan oleh Presiden Komisaris Bapak Mardjoeki sejak 45 tahun lalu, kini telah berkembang menjadi salah satu fasilitas produksi terbesar grup TOTO dengan peralatan cetakan berteknologi tinggi,” ujar President/Executive Officer Toto Ltd, Noriaki Kiyota, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Selain melayani pasar dalam negeri di Indonesia, ia melanjutkan, fasilitas yang dihadirkan pihaknya telah memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan internasional.

Di bidang penjualan, fasilitas ini telah mendapat dukungan signifikan dari banyak pelanggan di Indonesia, Singapura, Malaysia dan sebagainya, memperkuat posisinya sebagai inti grup TOTO di Asia.

“Saya bangga sekaligus berterima kasih atas kemitraan dan persistensi dari PT Surya Pertiwi Tbk dan PT Surya Toto Indonesia Tbk yang telah memboyong produk TOTO ke Indonesia. Saya berharap, kemitraan ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, dalam bentuk kebersihan, higienitas, dan kesehatan,” jelasnya.

Selama beberapa dekade terakhir, TOTO menjelma menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Top Brand Index 2023 menempatkan brand TOTO pada posisi puncak untuk kategori shower, closet, floor drain, dan kran air. Anugerah ini menunjukkan bahwa reputasi TOTO unggul di industri saniter.

“TOTO Indonesia telah bertumbuh dari satu pabrik di pinggiran Jakarta dengan seratus karyawan, menjadi tiga pabrik canggih di Jakarta dan satu di Surabaya dengan lebih dari 4.000 karyawan. Hal ini baru permulaan, seiring pertumbuhan Indonesia, kami akan terus berinvestasi di negara ini,” ujar President Director PT Surya Toto Indonesia Tbk Hanafi Atmadiredja.

Ia mengatakan bahwa kemitraan yang terjalin secara jangka panjang bersama Toto Ltd adalah kunci dari kesuksesan yang diraih oleh PT Surya Toto Indonesia Tbk dan PT Surya Pertiwi Tbk.

“Kemitraan ini memungkinkan modernisasi teknologi dari Jepang berpadu dengan aspek lokal. Kami yakin bisa terus menghadirkan produk yang berteknologi tinggi, estetik sekaligus terjangkau untuk mengentaskan problem sanitasi di Indonesia melalui inovasi dan teknologi,” sambungnya.

Acara puncak perayaan ulang tahun digelar di The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place, Selasa (28/11/2023).Dok TOTO Indonesia Acara puncak perayaan ulang tahun digelar di The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place, Selasa (28/11/2023).

Dalam kesempatan sama, President Director PT Surya Pertiwi Tbk Willianto Alim menyampaikan bahwa perayaan ulang tahun ke-55 PT Surya Pertiwi Tbk dan ulang tahun ke-45 PT Surya Toto Indonesia Tbk adalah milik seluruh supplier, developer, arsitek dan desainer interior, dealer, distributor, kontraktor, vendor, karyawan dan semua yang terlibat aktif dan kontributif.

“Selama bertahun-tahun, banyak sekali konsumen yang mengatakan kepada kami bahwa mereka merasa disambut hangat oleh Toto saat memasuki kamar mandi mereka, karena produk kami indah, tahan lama, dan yang paling penting aman untuk digunakan. Ke depannya, kami berjanji akan bekerja sepenuhnya dan memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi untuk generasi mendatang,” paparnya.

Sebagai informasi, perayaan ulang tahun turut dihadiri para supplier, seperti Stiebel Eltron, Franke, Villeroy and Boch, Kreiner, Kaldewei, Geberit, Jacuzzi, serta developer, arsitek dan desainer interior, dealer, dan distributor TOTO yang tersebar di seluruh Indonesia, sekaligus para kontraktor, vendor dan karyawan yang menjadi bagian integral dari kesuksesan PT Surya Toto Indonesia Tbk dan PT Surya Pertiwi Tbk.

Beberapa publik figur kenamaan di Tanah Air turut hadir, seperti Raisa Andriana dan Hamish Daud yang didapuk menjadi Brand Ambassador TOTO, penyanyi Lyodra Ginting, dr Reisa Brotoasmoro, dan Jessica Iskandar.

Momentum perayaan ulang tahun ditutup dengan penyerahan sumbangan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan organisasi nonprofit Habitat for Humanity yang aktif bergerak di bidang sanitasi serta penyediaan air bersih, edukasi, pengembangan ekonomi dan pengembangan masyarakat kurang mampu, masing-masing sebesar Rp 1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com