Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sediakan Bus dan Truk untuk Mudik Gratis Nataru, Ini Lokasi dan Kota Tujuannya

Kompas.com - 01/12/2023, 06:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan bus dan truk untuk program mudik gratis pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Hal ini diungkapkan Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto saat ditemui di Hotel Century Senayan, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Suharto mengungkapkan, mudik gratis periode Nataru ini akan dilaksanakan di beberapa lokasi dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Nanti kami akan melaksanakan mudik gratis Nataru. Armada untuk pelayanan dari masyarakat di beberapa lokasi Jabodetabek ke wilayah Jateng, Jabar, dan sebagian kecil Jatim," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Saat Nataru, Kemenhub Bakal Terapkan Pembatasan Operasional Angkutan Barang

Namun Suharto belum dapat memastikan berapa kuota peserta, jumlah armada yang disediakan, jadwal keberangkatan, hingga cara pendaftaran program mudik gratis Kemenhub ini lantaran masih dalam pembahasan.

Dia bilang, pelaksanaan program mudik gratis dengan bus dan truk ini akan diumumkan dalam waktu dekat. Kemudian kuota peserta pada mudik gratis Nataru ini akan lebih sedikit dari saat mudik Lebaran 2023.

"Nanti sedang kita diskusikan mulainya berangkat kapan, nanti akan kami publish secara resmi diumumkan sebentar lagi. Ini lahi nyusun berapa kekuatan armada dari mana dari mananya, kami akan koordinasi dengan yang lain," jelasnya.

Adapun nantinya pihaknya akan menyediakan bus untuk angkutan penumpang dan truk untuk angkutan sepeda motor. Sebab, program mudik gratis dilaksanakan dengan tujuan mengurangi pengguna sepeda motor selama Nataru.

Baca juga: Daftar 34 Kereta Api Tambahan Nataru, Rute, dan Jadwalnya

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan skema mudik Nataru mendatang.

"Memang ada rencana tersebut, informasi lebih detail akan kami umumkan secepatnya," ujar dia, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Rencananya program mudik gratis dari Kemenhub itu akan dilaksanakan menjelang libur Natal.

"(Keberangkatan mudik gratis) kira-kira minggu ketiga Desember 2023," ungkap Adita.

Disinggung terkait pendaftaran mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari Kemenhub, pihaknya masih belum dapat membeberkan secara rinci.

Baca juga: KCI Prediksi Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Turun 50 Persen Saat Nataru

 


Terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kemenhub akan menyediakan program mudik gratis Nataru yang ditujukan bagi pemudik dengan sepeda motor.

"Kami menyediakan mudik gratis untuk masyarakat yang mau mudik dan juga bagi pemudik motor," tuturnya, dilansir dari Antara.

Pengadaan program mudik gratis dari Kemenhub ini bertujuan agar para pemudik motor beralih ke mudik gratis dengan transportasi umum pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut Budi, mudik menggunakan sepeda motor memiliki risiko yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com