Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya?

Kompas.com - 28/12/2023, 14:11 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah memenuhi kebutuhan atau menjaga kelangsungan hidupnya.

Merangkum Modul Belajar Mandiri, tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk kebutuhan hidup. Manusia membutuhkan makanan, pakaian atau sandang, dan tempat tinggal atau papan.

Beragam kebutuhan hidup tersebut bisa dicukup dengan bekerja atau melakukan kegiatan ekonomi. Dengan bekerja, manusia bisa memperoleh penghasilan yang kemudian digunakan untuk membayar kebutuhan hidup.

Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi

Apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi?

Tujuan utama kegiatan ekonomi melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Beberapa tujuan umum dari kegiatan ekonomi adalah:

Baca juga: Kegiatan Ekonomi yang Dilakukan Rumah Tangga Produsen

1. Memenuhi kebutuhan dasar

Makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kesehatan adalah beberapa kebutuhan dasar manusia. Kegiatan ekonomi dimaksudkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan ini.

2. Meningkatkan kesejahteraan

Salah satu tujuan utama manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah demi merasakan kesejahteraan. Manusia ingin meningkatkan kesejahteraan mereka melalui akumulasi kekayaan, peningkatan standar hidup, dan akses terhadap barang dan jasa yang lebih baik.

3. Penciptaan lapangan kerja

Kegiatan ekonomi menciptakan peluang kerja bagi individu, yang kemudian dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan keluarga.

4. Peningkatan produktivitas

Manusia terlibat dalam kegiatan ekonomi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, sehingga sumber daya yang terbatas dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

5. Pengembangan infrastruktur dan teknologi

Salah satu tujuan utama manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah mendukung pengembangan infrastruktur dan teknologi yang dapat meningkatkan kapasitas produksi dan memperbaiki cara kerja.

6. Pengembangan kapasitas

Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk pengembangan kapasitas. Manusia terlibat dalam kegiatan ekonomi untuk mengembangkan kapasitas diri dan masyarakatnya, termasuk pendidikan, keterampilan, dan inovasi.

7. Distribusi kekayaan dan pendapatan

Kegiatan ekonomi terlibat dalam distribusi kekayaan dan pendapatan di masyarakat untuk mencapai keadilan sosial dan mengurangi ketidaksetaraan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com