Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang atau Lembaga yang Melakukan Kegiatan Ekonomi Disebut Apa?

Kompas.com - 26/12/2023, 13:26 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi adalah individu atau kelompok yang terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi, termasuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

Mengutip laman Kemendikbud, pelaku ekonomi dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama yakni rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Kegiatan ekonomi sendiri dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya dan keinginan.

Manusia terlibat dalam aktivitas ekonomi untuk mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar misalnya memperoleh makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Baca juga: Berbagai Jenis Usaha atau Kegiatan Ekonomi Dilakukan Manusia untuk?

Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi

Nah berikut ini masing-masing penjelasan pelaku ekonomi:

1. Rumah tangga (households)

Rumah tangga merupakan konsumen utama dalam ekonomi. Mereka menyediakan faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja dan modal, dan sebagai imbalannya, mereka menerima pendapatan dalam bentuk gaji, upah, dan laba. Rumah tangga juga bertanggung jawab untuk mengkonsumsi barang dan jasa.

2. Perusahaan (firms atau enterprises)

Perusahaan atau perusahaan adalah pelaku ekonomi yang bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa. Mereka menggunakan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, tanah, modal, dan teknologi, untuk menciptakan produk atau layanan yang kemudian dijual kepada konsumen atau perusahaan lain.

3. Pemerintah (government)

Pemerintah berperan sebagai regulator dan pengawas dalam sistem ekonomi. Pemerintah dapat terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk pengaturan ekonomi, memberikan layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan, serta intervensi dalam distribusi pendapatan.

Baca juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Pelaku ekonomi lainnya

Selain ketiga kelompok utama di atas, terdapat juga pelaku ekonomi tambahan, seperti lembaga keuangan (financial institutions), termasuk bank dan lembaga keuangan lainnya yang menyediakan layanan keuangan seperti peminjaman, investasi, dan asuransi.

Kemudian pelaku ekonomi internasional seperti negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional, investasi, dan kegiatan ekonomi lintas batas.

Ada pula organisasi nirlaba yakni organisasi yang berfokus pada tujuan sosial atau kepentingan masyarakat tanpa mencari keuntungan finansial, seperti organisasi amal, yayasan, atau lembaga nirlaba lainnya.

Masyarakat secara kolektif juga dapat memainkan peran dalam kegiatan ekonomi, baik melalui partisipasi dalam produksi lokal, konsumsi, atau kegiatan lainnya.

Baca juga: 10 Contoh Kegiatan Ekonomi Kelautan di Indonesia

Interaksi antara berbagai pelaku ekonomi ini membentuk dasar dari sistem ekonomi suatu negara. Dalam ekonomi pasar, interaksi diatur oleh mekanisme pasar.

Sementara dalam ekonomi terencana, pemerintah memiliki peran yang lebih besar dalam mengendalikan kegiatan ekonomi. Sistem ekonomi yang umum digunakan adalah campuran dari keduanya.

Kesimpulannya, orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi yang meliputi rumah tangga, produsen, dan pemerintah.

orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi.Arif Firmansyah orang atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi.

Baca juga: Persamaan dari Kegiatan Ekonomi Kelautan dan Ekonomi Maritim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com