Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: Rizal Ramli Sosok Inspiratif dengan Berbagai Pemikirannya

Kompas.com - 03/01/2024, 07:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan rasa dukanya atas meninggalnya ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Rizal Ramli.

Sandiaga mengatakan, Rizal Ramli adalah sosok senior dan kawan yang memiliki pemikiran yang inspiratif di bidang ekonomi.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Telah perpulang ke rahmatullah Bang @rizalramli.official. Senior, kawan diskusi, dan juga sosok yang sangat menginspirasi dengan berbagai pemikirannya di bidang ekonomi," kata Sandiaga melalui akun resmi Instagram @sandiuno pada Selasa (2/1/2024).

Baca juga: Profil Rizal Ramli, Ekonom Kritis yang Jabat Berbagai Posisi Strategis

Sandiaga berharap keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah atas wafatnya Rizal Ramli.

"Semoga husnul khotimah, diampuni segala kesalahan dan diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT. Bagi keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan serta kekuatan iman, lahir dan batin. Allahummagfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," tulis Sandiaga.

Sebelumnya, Ekonom senior Rizal Ramli meninggal dunia, Selasa (2/1/2024). Rizal meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada pukul 19.30 WIB.

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," demikian bunyi pesan singkat yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia, Chatib Basri: Ekonom yang Cemerlang, Aktivis yang Gigih...

Rizal meninggalkan tiga anak, yakni Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipo Satria Ramli, dan Daisy Orlana Ramli. Almarhum juga meninggalkan dua orang cucu.

Rizal adalah mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode 2015-2016.

Sebelumnya, Rizal menjabat Menteri Keuangan periode 13 Juni hingga 23 Juli 2001 pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Rizal juga pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri periode 23 Agustus 2000 sampai 12 Juni 2001.

Baca juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com