Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Pastikan Mobil "Skandal" Daihatsu Tak Masuk RI

Kompas.com - 04/01/2024, 21:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi dan didistribusikan di Indonesia telah mengikuti ketentuan pemerintah. 

Hal itu dia ungkapkan untuk merespons ramainya dugaan skandal uji coba keselamatan kendaraan merek Daihatsu.

“Jadi yang dipermasalahkan itu tidak diproduksi di sini, tidak masuk ke Indonesia, jadi aman,” ujarnya dalam jumpa pers Outlook Perdagangan 2024 di Jakarta, Kamis (4/1/2024). 

Baca juga: Soal Dugaan Skandal Uji Keselamatan, Kemendag Minta Klarifikasi Daihatsu

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag Moga Simatupang mengatakan, pihaknya telah bertemu dan meminta klarifikasi dari manajemen ADM ihwal kasus itu. 

Dia bilang, manajemen ADM telah memastikan Daihatsu Rocky Hybrid dan Toyota Raize yang masuk dalam skandal uji coba itu, tidak diproduksi di Indonesia. 

Selain itu, manajemen ADM juga memastikan seluruh produk yang dipasarkan di Indonesia sudah memenuhi ketentuan dari pemerintah. 

Baca juga: Sempat Tersendat Skandal, Daihatsu Mulai Ekspor Mobil Buatan RI

“Kita sudah klarifikasi di ADM disampaikan bahwa untuk tipe Hybrid Rocky dan (Toyota) Raize itu tidak diproduksi di Indonesia, sedangkan produksi Daihatsu yang ada di Indonesia sudah memenuhi Peraturan Menhub Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor,” jelas Moga.

Sebelumnya, manajemen ADM juga telah merespons soal dugaan kasus skandal itu. 

Executive Officer Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan serta memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. 

Baca juga: RI Ajak Daihatsu Ikut Program Subsidi Mobil Listrik

Selain itu, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai 22 Desember 2023. Kemudian, PT ADM juga telah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor yang telah memberikan konfirmasi karena telah disetujui otoritas negara tujuan ekspor. 

“Produk-produk Daihatsu di Indonesia telah memenuhi syarat teknis keselamatan dan keamanan sesuai dengan standar ketentuan di Indonesia. Selain itu, produk yang diisukan tersebut dapat dipastikan tidak diperdagangkan di Indonesia,” ungkap Johan dalam siaran persnya, Sabtu (30/12/2023).

Baca juga: Daihatsu Pastikan Produksi dan Distribusi di Indonesia Berjalan Normal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com