Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi "Effect" dan Semringahnya Pengusaha Pasca Pemllu

Sehari pasca Pemilu, Kamis (18/4/2019), pasar euforia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat hingga level 6.568 pada awal perdagangan.

Meski, euforia ini juga dimanfaatkan para pelaku pasar untuk melakukan aksi ambil untung (profit taking).

Selain itu, nilai tukar rupiah juga menguat sehari pasca Pemilu. Bahkan Mata Uang Garuda itu nyaris keluar meninggalkan Rp 14.000 per dollar AS.

Pada pembukaan Kamis (18/4/2019), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sempat menyentuh level Rp 13.995 per dollar AS.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, salah satu aktor naiknya IHSG dan nilai tukar rupiah karena adanya "Jokowi Effect".

"Saham keranjang Pak Jokowi menguat merespon hasil quick count," ujar Hans kepada Kompas.com, Kamis (18/4/2019).

Berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma'ruf Amin memang unggul dari Prabowo-Sandiaga Uno.

Ia memprediksi, penguatan IHSG dan rupiah akan berlangsung dalam beberapa hari sehingga seminggu, namun hal ini juga tergantung aliran dana asing yang masuk.

Sementara itu, Mengutip Kontan.co.id, Minggu (21/4/2019), analis Senior Anugerah Sekuritas Indonesia Bertoni Rio mengatakan, ada beberapa saham dari berbagai sektor yang bisa dilepas untuk mendatangkan keuntungan pasca Pemilu.

Sektor tersebut yakni perbankan, konstruksi dan infrastruktur. Sektor-sektor yang bisa dibilang terdampak secara langsung pasca hasil hitung cepat menunjukkan keunggulan pasangan Joko Widodo-Maaruf Amin.

Semringah

Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandiaga Uno memang disambut baik oleh para pengusaha.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, para pengusaha senang dengan keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin di hasil hitung cepat.

"Happy, artinya sesuai dengan harapan kami. Jadi preferensi pengusaha itu memang lebih kepada Pak Jokowi untuk dilanjutkan (pemerintahanya)," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Pilpres 2019 merupakan titik balik kepercayaan pengusaha setelah Pilkada DKI Jakarta 2017.

Pada Pilkada DKI 2017, politik suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) memang sempat muncul. Hal ini memunculkan kekhawatiran pengusaha.

"Kan wait and see pengusaha itu sejak Pilgub DKI itu loh. Itu titik balik orang jadi enggak confident, ragu-ragu gimana nih arah politik kita," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Apindo punya hubungan akrab dengan Jokowi. Hal inilah menjadi salah satu faktor alasan para pengusaha di Apindo lebih condong ke Jokowi-Ma'ruf.

Selama jadi Presiden ungkap Hariyadi, Jokowi selalu membuka komunikasi dengan para pengusaha sehingga hubungan kedua pihak terus terjaga.

Selain itu, Apindo menilai akan sangat riskan bila terjadi pergantian presiden dan jajaran pemerintah secara drastis di tengah kondisi ekonomi global yang melambat.

"Kalau pengantin itu secara ekonomi kan ada masa transisi. Ini kan repot mas, ekonomi dunia ini lagi jelek gini, terus tiba-tiba ada pergantian," kata dia.

"Butuh waktu untuk melakukan transisi milih orang dan sebagainya dan belum tentu orang orang itu belum mampu kapabel. itu akan menjadi masalah. Jadi kalau kebanyakan ditanya pengusaha sih ya maunya lanjut," sambung dia.

Sementara itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengungkapan, dunia usaha melihat hasil hitung cepat sebagai momentum menjaga optimisme.

Rosan juga optimistis investasi akan meningkat di semester kedua 2019. Hal ini tak lepas karena penyelengaraan Pemilu yang aman sehingga menumbuhkan kepercayaan pengusaha untuk berbisnis.

https://money.kompas.com/read/2019/04/22/100100526/jokowi-effect-dan-semringahnya-pengusaha-pasca-pemllu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke