Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Balas Trump, Bursa Saham AS Jeblok

China berencana akan kembali menaikkan tarif untuk 60 miliar dollar AS produk impor asal Amerika Serikat. Terakhir kali China melakukan aksi balas tarif dengan AS pada akhir tahun 2018 lalu.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (14/5/2019), indeks Dow Jones anjlok 617 poin setelah sempat melorot hingga 719 poin pada perdagangan Senin (13/5/2019) waktu setempat. S&P 500 merosot 2,4 persen sementara Nasdaq jeblok hingga 3,4 persen.

Dow Jones dan S&P 500 mengalami masa terburuknya pada perdagangan kali ini setelah terakhir juga sempat terkoreksi cukup tajam pada 3 Januari lalu. Nasdaq pun mengalami masa terburuknya sejak 4 Desember 2018.

Saham Dow Jones yang ditutup di zona hijau hanya saham Procter and Gamble, sementara untuk S&P 500 terdapat beberapa saham ditutup di zona hijau, terutama saham-saham yang bergerak di sektor utilitas, yang tidak memberikan dampak terhadap pergerakan pasar secara luas.

Indeks Russel 2000 yang berisi saham-saham berkapitalisasi kecil pun juga mengalami koreksi. Indeks Russel 2000 telah turun lebih dari 10 persen setelah sempat menembus rekor tertingginya pada Agustus 2018.

Pekan lalu, ketegangan perdagangan kembali meningkat antara Washington dan Beijing. Meningkatnya tensi perdagangan kedua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut dimulai dengan tweet dari Presiden AS Donald Trump pada hari Minggu, 5 Mei.

Trump mengancam tarif lebih lanjut pada impor Cina, dan secara resmi menerapkan tarif pada Jumat (10/5/2019).

Trump memutuskan untuk menaikkan tarif menjadi 25 persen dari 10 persen untuk beberapa barang impor asal China senilai 200 miliar dollar AS. Tarif tambahan diharapkan tidak dikenakan pada barang yang sudah dalam perjalanan.

Pasar saham AS sempat mengalami perbaikan setelah Trump dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyebut hasil pertemuan perdagangan dengan pihak China pada pekan lalu konstruktif. Namun, Dow mengakhiri perdagangan pekan lalu dengan 2,1 persen lebih rendah.

Selama akhir pekan, Trump berikicau di akun Twitternya secara ekstensif tentang perselisihan perdagangan. Dia meminta perusahaan-perusahaan AS untuk memproduksi barang-barang di dalam negeri agar menghindari tarif.

Selain itu, dia juga mengatakan kesepakatan perdagangan akan lebih buruk bagi China jika negosiasi perdagangan terus berlarut hingga melewati pemilihan presiden pada tahun 2020.

https://money.kompas.com/read/2019/05/14/060200526/china-balas-trump-bursa-saham-as-jeblok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke