Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Merosot ke Titik Terendah Tahun Ini

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia ambrol pada Kamis (23/5/2019) waktu setempat. Ini sejalan dengan perang dagang yang membuat outlook permintaan kian suram.

Harga minyak dunia pada Kamis bergerak menuju penurunan harian dan mingguan terbesar sepanjang tahun 2019 ini.

Dilansir dari Reuters, Jumat (24/5/2019) acuan harga minyak mentah internasional Brent merosot 3,23 dollar AS atau 4,6 persen ke level 67,76 dollar AS per barrel. Sementara itu, acuan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) tergelincir 3,51 persen atau 5,7 persen ke level 57,91 dollar AS per barrel.

Ini adalah hari kedua penurunan bagi indeks harga minyak Brent dan WTI. Pada Rabu (22/5/2019) waktu setempat saja, indeks WTI anjlok 2,5 persen lantaran data pasokan minyak mentah AS meningkat pada pekan lalu, mencapai level tertinggi sejak Juli 2017.

Harga minyak dunia tertekan sejalan dengan tertekannya pasar global. Ini dipengaruhi kekhawatiran perang dagang AS dan China dengan cepat berubah menjadi perang dingin teknologi antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut.

Perang dagang memang menjadi awan hitam bagi prediksi pertumbuhan ekonomi dan permintaan. Namun, pelaku pasar juga menyoroti pelemahan data ekonomi di AS dan melimpahnya pasokan minyak mentah AS.

"Lagi-lagi kita melihat dampak kekhawatiran terkait perdagangan terhadap permintaan," ujar Gene McGillian, wakil presiden direktur Tradition Energy.

BNP Paribas menyebut bahwa tingginya pasokan minyak membuat Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) kemungkinan akan mempertahankan kebijakan pemangkasan produksi. Kebijakan ini seharusnya berakhir pada Juni 2019.

https://money.kompas.com/read/2019/05/24/063700526/harga-minyak-dunia-merosot-ke-titik-terendah-tahun-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.