Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesulitan Mengelola Keuangan? Mulailah dengan 4 Cara Sederhana Ini

NEW YORK, KOMPAS.com - Menangani dan mengelola uang dengan baik memang bukan hal yang mudah. Namun, Anda tidak harus menjadi seorang ahli atau pakar untuk mengatur keuangan Anda dengan baik.

Hanya dengan hal simpel seperti membiasakan diri untuk menabung, berinvestasi, serta mengatur pengeluaran, sudah cukup membantu Anda membangun kekayaan.

Untuk memulainya, berikut 4 cara sederhana yang dapat membantu Anda semakin giat dalam mengelola keuangan di tahun 2019, seperti dikutip dari CNBC Make It, Selasa (23/7/2019).

1. Mulailah berinvestasi di usia 20-an jika Anda bisa

Semakin dini Anda mulai menabung dan berinvestasi, maka akan semakin baik untuk ke depannya.

"Sebenarnya masalahnya adalah, Anda harus berinvestasi lebih banyak di usia 20-an daripada di usia 30-an jika Anda bisa," kata pakar keuangan Suze Orman.

Hal tersebut dikarenakan, semakin muda Anda memulai, maka semakin banyak waktu untuk menabung dan berinvestasi.

Namun, perlu diingat kembali bahwa semua investasi mengandung risiko. Anda tidak pernah bisa menjamin apakah bisa mendapatkan tingkat pengembalian 12 persen dari investasi, atau bahkan bisa lebih rendah dari 12 persen.

2. Jangan terlalu fokus pada tabungan

Apabila Anda hanya menabung namun tidak berinvestasi, maka Anda bisa kehilangan uang dalam waktu jangka panjang, kata Danielle Town, penulis buku "Invested: How Warren Buffett and Charlie Munger Taught Me to Master My Mind, My Emotions, and My Money (with a Little Help from My Dad)."

Town menjelaskan, inflasi menyebabkan harga naik, dan membuat nilai mata uang melemah dari waktu ke waktu. 

"Penangkal kehilangan uang karena inflasi adalah berinvestasi," kata Danielle.


3. Ketika pasar merosot, tetap tenang

Saham sedang mengalami tahun yang bergejolak. Tetapi, bagi kebanyakan orang, perubahan di pasar, bahkan yang dramatis sekalipun, tidak membuat mereka panik.

Faktanya, investor legendaris, Warren Buffett mengatakan bahwa hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika pasar merosot yakni, mengabaikannya.

"Uang itu dihasilkan dari investasi, melalui berinvestasi dan memiliki perusahaan yang baik untuk jangka waktu yang lama," kata CEO Berkshire Hathaway tersebut kepada CNBC pada 2016 di tengah fluktuasi pasar.

"Jika mereka membeli perusahaan yang baik, membelinya dari waktu ke waktu, mereka akan baik-baik saja 10, 20, 30 tahun dari sekarang,” tambah dia.

Miliarder Ray Dalio setuju. Meskipun dulu dirinya sempat tergoda untuk menjual perusahaanya ketika pasar sedang turun, namun seharusnya kita tidak boleh menjadikan ketakutan dan emosi menjadi dasar dalam membuat keputusan.

4. Pahami bagaimana utang menahan Anda

Orman mengatakan, utang tidak hanya membebani Anda dengan uang. Di sisi lain, utang juga mempengaruhi bagian penting lain dari hidup Anda seperti, menghambat Anda untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dan menghalangi Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan secara profesional.

“Intinya Anda membuat diri Anda tidak berdaya. Hutang dapat membuat Anda merasa di luar kendali dan bergantung pada orang lain, seperti Anda memasuki sebuah wawancara dan membutuhkan pekerjaan itu karena harus membayar utang Anda,” ujar Orman.

Maka itu, Orman menganjurkan, agar pembayaran utang menjadi prioritas utama keuangan. Dengan terlepas dari utang, Anda akan memiliki kepercayaan.

“Jadi, keluarlah dari utang dan jauhi utang, semakin cepat semakin baik,” tutup Orman.

https://money.kompas.com/read/2019/07/23/143022826/kesulitan-mengelola-keuangan-mulailah-dengan-4-cara-sederhana-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke