Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei: Mayoritas Investor Ogah Tim Ekonomi Kabinet Jokowi Diisi Politisi

Menurut CEO Katadata.co.id Metta Dharmasaputra, presentase responden investor yang ingin kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin diisi profesional mencapai 65 persen responden.

"Hanya 3 persen investor institusi yang menilai tim ekonomi ideal jika diisi oleh politisi," ujarnya di Jakarta.

Sementara itu 32 persen responden lainnya menilai tim ekonomi kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin disisi oleh gabungan profesional dan politisi secara berimbang.

Selama ini menteri dari partai politik diidentikkan dengan kepentingan. Sementara itu kata dia, investor khawatir masuknya kepentingan bisa menimbulkan distorsi dalam pengambilan keputusan.


Oleh karena itu investor menilai, idealnya tim ekonomi di kabinet semuanya berasal dari kalangan profesional, bukan politisi.

Di tempat yang sama, Direktur Riset Center of Reform on Economic Indonesia Piter Abdullah mengatakan, Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan merupakan dua posisi penting yang wajib diisi oleh kalangan profesional.

“Menko Perekonomian itu penting karena tugasnya mengkoordinasikan semua menteri ekonomi di kabinet,” kata dia

Hasil survei terdapat di dalam Katadata Investor Confidence Index Q2 2019. Responden terdiri dari 260 orang pengelola dana di 0perusahaan investasi, dana pensiun dan asuransi.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon dan email yang dilakukan pada 24 Juni 2019 hingga 2 Juli 2019.


https://money.kompas.com/read/2019/07/25/214300126/survei-mayoritas-investor-ogah-tim-ekonomi-kabinet-jokowi-diisi-politisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke