Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garap Desain Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Libatkan Penumpang

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) akan melibatkan banyak pihak untuk menentukan desain terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pihak yang akan dilibatkan antara lain, maskapai penerbangan, imigrasi, Bea dan Cukai, penumpang, serta pengamat penerbangan.

“Jadi ide untuk mengubah (desain) di tengah jalan itu tidak ada lagi. Sering seperti itu kan, (hal itu terjadi) karena pihak-pihak mungkin tidak mengikuti dari awal,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Awaluddin menjelaskan, saat ini tengah dilakukan lelang tender untuk desainnya. Diperkirakan, akhir tahun ini pemenang tender untuk desainnya bisa ditentukan.

“Dalam 12 bulan itu kita akan mengerjakan tiga hal. Pertama konseptual desain, basic design dan detail engineering design,” kata Awaluddin.

Nantinya, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Kapasitas penumpangnya diperkirakan mencapai 45 juta penumpang.

Diperkirakan, proyek tersebut akan menelan dana Rp 11 triliun.

“Di 2021 konstruksi berjalan, lalu Presiden (Joko Widodo) minta 3 tahun jadi, (artinya) 2024 diharapkan bisa selesai,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/09/154000126/garap-desain-terminal-4-bandara-soetta-ap-ii-libatkan-penumpang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke