Salin Artikel

Adik Prabowo Vs Kakak Erick Thohir, Siapa yang Lebih Kaya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati urutan teratas sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Dalam daftar 50 konglomerat Indonesia paling tajir, terdapat dua nama saudara kandung Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Mereka adalah Hashim Djojohadikusumo adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Garibaldi Thohir alias Boy Thohir yang tak lain kakak kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Siapa terkaya di antara mereka?

Hashim Djojohadikusumo sudah sejak lama masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Teranyar, pemilik Arsari Group ini menempati posisi ke-40 orang terkaya Indonesia.

Perusahaannya bergerak di berbagai sektor mulai dari kelapa sawit, pertambangan, industri kertas, dan jasa logistik. Kekayaanya tercatat sebesar 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 11,2 triliun (kurs Rp 14.000).

Berbeda dengan kakaknya yang terjun ke dunia militer dan politik, Hashim justru lebih memilih membangun usaha sendiri.

Hashim sempat magang di perusahaan ayahnya PT Indoconsult Associates. Setelah itu, dirinya memilih membangun bisnisnya sendiri.

Perusahaan pertama yang didirikannya yakni PT Era Persada. Perusahaan tersebut sempat dijual lantaran ikut terdampak krisis moneter tahun 1998.

Anak bungsu dari begawan ekonomi Sumitro Djojohadikoesoemo dikenal sebagai penyuka barang antik. Selain itu, dia juga melakukan upaya konservasi Harimau Sumatera dengan membangun pusat rehabilitasi di Sumatera Barat.

Saat Prabowo maju ke kontestasi Pemilihan Presiden 2019, Hashim tak setengah-setengah mendukung sang kakak. Dia menjabat sebagai Direktur Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Darah bisnis sudah mengalir dalam diri Garibaldi dari ayahnya Muhammad Teddy Thohir, salah satu pendiri Astra.

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini masuk sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-17. Total kekayaannya tercatat sebesar 1,6 miliar dollar AS atau setara Rp 22,4 triliun.

Ini artinya, total kekayaan kakak Erick Thohir ini jauh melewati harta Hashim.

Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari PT Adaro Energy. Adaro sejauh ini jadi perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia.

Kiprah bisnisnya tak hanya berkutat di batubara. Boy juga tercatat sebagai pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, hingga jaringan restoran Hanamasa.

Dia Jakarta, bisnis Boy juga terbilang besar. Lewat Grup Wahana Artha, perusahaannya menjadi pemegang main dealer yang mendistribusikan motor merk Honda.

Berbeda dengan Hashim, Boy Thohir tidak menunjukan dukungan langsung pada pasangan capres-cawapres saat Pemilihan Presiden 2019, meski adiknya Erick Thohir menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Boy Thohir sendiri dikenal sebagai kawan dekat Sandiaga Uno, pasangan dari Prabowo Subianto.

https://money.kompas.com/read/2019/12/09/161800626/adik-prabowo-vs-kakak-erick-thohir-siapa-yang-lebih-kaya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.