Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Peringatan Dini BMKG Kalah Populer dengan Jiwasraya hingga Ahmad Dhani

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, salah satu contoh nyata adalah ketika pihaknya mengumumkan peringatan dini terjadinya hujan deras yang akan terjadi pada tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Namun ternyata pengumuman tersebut masih kalah populer dibandingkan dengan topik berkaitan dengan Novel Baswedan, Jiwasraya, hingga Ahmad Dhani.

"Peringatan dini dari BMKG ternyata hanya menempati peringkat 9 trending topic. Jadi kalah dengan pak Novel Baswedan, Jiwasraya, hari ibu, kecelakaan bus sriwijaya, bahkan Ahmad Dhani yang bebas itu lebih diperhatikan dari peringatan dini BMKG," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Bahkan, setelah terjadi banjir awal tahun di Jabodetabek, pengumuman peringatan dini BMKG masih belum menjadi pembahasan utama di kalangan masyarakat.

"Setelah banjir ternyata hanya mampu mendongkrak peringatan dini BMKG 3 level, yaitu di urutan 6 (trending topic)," katanya.


Oleh karenanya, Dwikorta mengakui bahwa salah satu pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan pihaknya adalah meningkatkan kewaspaan masyarakat terhadap pengumuman peringatan dini.

"Sehingga sangat perlu kami berupaya terus dan mohon dukungan dari dukungan pihak terkait," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Dwikorta juga meminta maaf apabila pengumuman peringatan dini sering kali baru dilakukan pada dini hari. Pasalnya, perhitungan peringatan dini kerap kali baru selesai pada dini hari.

"Sehingga terus mengganggu orang tidur," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/28/122833926/saat-peringatan-dini-bmkg-kalah-populer-dengan-jiwasraya-hingga-ahmad-dhani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke