Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Istri Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 5 Triliun

NEW YORK, KOMPAS.com - MacKenzie Bezos, mantan istri pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos dikabarkan menjual saham Amazon miliknya senilai 370 juta dollar AS atau setara sekira Rp 5 triliun (kurs Rp 13.639 per dollar AS).

Dilansir dari CNN, Rabu (29/1/2020), MacKenzie menerima sekira 19,7 juta saham Amazon atau setara 4 persen dari total saham raksasa e-commerce tersebut pasca perceraian dengan Jeff Bezos.

Saat dokumen perceraian diurus, total saham Amazon yang diperoleh MacKenzie senilai kira-kira 35,8 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 488,3 triliun.

Jeff mempertahanka hak voting saham-saham tersebut sebagai bagian dari kesepakatan perceraian. Itulah mengapa ia mewajibkan untuk membuka informasi soal saham Amazon yang dimiliki MacKenzie.

Adapun saat ini Jeff memiliki 16 persen saham Amazon.

Dengan aksi jual tersebut, maka saham Amazon yang dimiliki MacKenzie turun sekira 200.000 saham. Penjualan tersebut hanya mewakili sekira 1 persen dari total saham Amazon yang dimilikinya.

Belum jelas tujuan MacKenzie menjual saham Amazon miliknya, apakah untuk diversifikasi atau didonasikan untuk amal.

MacKenzie sendiri sudah bergabung dengan gerakan Giving Pledge yang diinisiasi oleh miliarder Warren Buffett serta Bill dn Melinda Gates pada tahun 2010.

Gerakan ini mendorong para miliarder dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan-kegiatan amal, baik ketika masih hidup maupun dituangkan dalam surat wasiat.

Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia bahkan setelah perceraian, secara rutin mendonasikan sejumlah saham Amazon yang dimilikinya ke lembaga-lembaga nirlaba. Namun, hingga kini ia belum bergabung dengan Giving Pledge.

https://money.kompas.com/read/2020/01/29/201900226/mantan-istri-jeff-bezos-jual-saham-amazon-senilai-rp-5-triliun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke