Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pedasnya Harga Cabai Merah di Akhir Pekan...

Menurut pantauan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, saat ini harga Cabai merah masih menyentuh di angka Rp 90.000 per kg, sedangkan untuk bawang putih Rp 68.300 per Kg.

"Cabai merah masih mahal Rp 95.000 per Kg, yang cabai merah besar bisa sampe Rp 103.000 per Kg. Kalau bawang juga ini Rp 65.000 per kg," ucap Aji salah satu pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jumat, (7/1/2020).

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri memperkirakan, harga cabai dan bawang putih akan semakin naik.

"Saya sudah peringatkan ke Kementerian Perdagangan, semenjak sudah Rp 50.000 cabai ini akan naik terus, sekarang trennya akan naik di DKI Jakarta jika tidak ada pasokan dari daerah lain," ucap Abdullah saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/1/2020).

Menurutnya, untuk mengatasi kenaikan Cabai di Jakarta pemerintah harus segera memberikan subsidi distribusi agar pasokan bisa segera kembali normal dan menurunkan harga.

Sebagai komparasi, Abdullah mengatakan selama Januari - Februari 2019 harga cabai merah hanya sebesar Rp 35.000 - Rp 40.000/kg.

Sementara untuk bawang putih, Abdullah mengatakan pemerintah harus segera mencari impor bawang putih di negara baru selain China untuk mengatasi potensi kenaikan harga bawang.

Seperti diketahui saat ini Indonesia memang berencana akan menghentikan impor pangan dari China untuk mengantisipasi virus corona.

Namun jika hal tersebut terjadi maka kebutuhan bawang putih dalam negeri akan sulit dipenuhi sebab impor bawang putih 90 persen dari China.

"Saat ini harga bawang naik karena faktor psikologis dari virus corona dan rencana pemerintah stop impor pangan dari China. Untuk itu pemerintah harus sesegera mungkin mencari impor baru dari negara lain," ucapnya.

Abdullah memprediksikan harga bawang akan melonjak sangat tinggi jika kuartal 2 tahun ini impor tak bisa dipenuhi sesegera mungkin.

https://money.kompas.com/read/2020/02/07/205402026/pedasnya-harga-cabai-merah-di-akhir-pekan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke