Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Luhut Vs Rizal Ramli | Utang Jepang Rp 170.800 Triliun

1. Batal Hadiri Debat yang Ditawarkan Luhut, Rizal Ramli: Itu Ngawur Sepihak

Ekonom Rizal Ramli menyatakan tidak akan hadir dalam perdebatan mengenai utang yang ditawarkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Rizal Ramli berkilah, pihak Menko Luhut Pandjaitan tidak berkoordinasi dengan dirinya mengenai penetapan debat yang dijadwalkan hari ini tersebut.

"Ya enggaklah (Rizal Ramli tidak akan hadir). Itu mah ngawur, (keputusan) sepihak," katanya kepada Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Selengkapnya, silakan baca di sini.

2. Utang Jepang Tembus Rp 170.800 Triliun, Kok Bisa?

Jepang baru-baru ini diketahui telah menambah utang senilai 2 triliun dollar AS untuk membiayai paket stimulus sebagai bantalan perekonomian di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dilansir dari AFP, Kamis (11/6/2020) besaran utang Jepang tersebut mencapai 2,5 kali lipat dari keseluruhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut.

Jepang pun saat ini berupaya untuk mengelola yield surat utang pemerintah padda level yang sangat rendah serta kepercayaan investor tetap tinggi untuk menghindari default.

Selengkapnya, baca di sini.


3. KA Reguler Beroperasi Besok, Ini Daftar Stasiun Asal dan Tujuan yang Dibuka

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan kereta api (KA) jarak jauh dan KA lokal reguler secara bertahap mulai besok, Jumat (12/6/2020).

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

“Kami mengoperasikan kembali perjalanan KA reguler sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/6/2020).

Selengkapnya, silakan klik tautan ini.

4. Jubir Luhut soal Debat Utang Negara: Jangan Dibawa ke Urusan Politik

Juru bicara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, undangan diskusi yang ditujukan kepada ekonom Rizal Ramli serta dosen Universitas Indonesia Djamester Simarmata telah berjalan dengan baik.

Namun demikian, diskusi tersebut hanya dihadiri oleh Djamester.

Akan tetapi, Jodi mengingatkan, pelaksanaan diskusi ini dilakukan sekadar mencari solusi dari suatu permasalahan negara, bukan untuk saling menjatuhkan pihak pemerintahan.

Selengkapnya, silakan baca di sini.

5. Erick Thohir Ganti Dirut Jasa Marga

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi dan komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Jasa Marga tahun buku 2019 yang diselenggarakan pada Kamis (11/6/2020), Desi Arryani tak lagi menjabat sebagai Direktur Utama Jasa Marga.

Sebagai gantinya, Erick mengangkat Subakti Syukur menjadi Direktur Utama Jasa Marga. Sebelumnya, Subakti merupakan Direktur Operasi Jasa Marga.

Selengkapnya, baca di sini.

https://money.kompas.com/read/2020/06/12/054800626/-populer-money-luhut-vs-rizal-ramli-utang-jepang-rp-170.800-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke