Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Pemilihan 9 Anak Berpakaian Adat di Uang Rp 75.000, Ini Kata BI

Dalam desain, terdapat 9 anak berpakaian adat dari wilayah barat, tengah dan timur Indonesia. Uniknya, beberapa anak yang terpampang dalam rupiah Rp 75.000 itu merasa kaget dan tak menyangka wajahnya menghiasi halaman belakang uang edisi khusus.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang, Marlison Hakim mengatakan, 9 anak tersebut dipilih berdasarkan tema memperteguh kebinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

"Pemilihannya berdasarkan masukan dari daerah dan tentunya dari pencarian tim bersama BI dan Peruri. Kriteria khususnya adalah (anak-anak itu) asli dari daerah tersebut," kata Marlison kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Pakaian adat yang digunakan oleh 9 orang anak itu menggambarkan memperteguh kebinekaan. Sementara anak-anak yang ditampilkan menggambarkan SDM unggul untuk Indonesia Maju dalam tema menyonsong masa depan gemilang.

Namun belum dijelaskan secera rinci proses pemilihan 9 anak tersebut.

Marlison menuturkan, Bank Indonesia melakukan forum group discussion (FGD) dalam tahap perencanaan. FGD dilakukan dengan para sejarawan, budayawan, dan departemen terkait.

"Kemudian, ditetapkan tema dan pemilihan gambar untuk tampak depan dan belakang rupiah," ucap dia.


Selanjutnya, Bank Indonesia kembali melakukan komunikasi dan koordinasi (FGD) dengan kementerian terkait, misalnya Kementerian Sosial, Kemenkeu, Kemensetneg, Kemenkumham sampai dengan penetapan dengan Keputusan Presiden.

Salah satu yang dikomunikasikan adalah penetapan gambar proklamator di halaman muka uang Rp 75.000, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta. Begitu juga dengan gambar-gambar lainnya, termasuk munculnya 9 anak tersebut.

"Untuk gambar lainnya dilakukan pembahasan dan komunikasi dengan pemerintah daerah, dinas pendidikan dan kebudayaan daerah, sampai dengan unit pelaksana teknis budaya dan adat daerah (lembaga adat/budaya daerah) untuk penetapan pakaian adat dan budaya daerah," pungkas Marlison.

Sebelumnya, uang rupiah edisi khusus Rp 75.000 diminati masyarakat. Jadwal penukaran yang tertera di website Bank Indonesia, https://pintar.bi.go.id penuh hingga 30 September 2020.

Sementara masyarakat yang mendapati wajah anaknya tertera dalam uang pecahan itu merasa terharu dan bangga bisa mewakili Indonesia di ulang tahunnya ke-75 tahun.

https://money.kompas.com/read/2020/08/21/190000226/soal-pemilihan-9-anak-berpakaian-adat-di-uang-rp-75.000-ini-kata-bi

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+