Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Ini Jadwal Paling Lambat Pencairan Subsidi Gaji | Resep Pensiun Muda

Pemerintah sudah mencairkan tahap pertama subsidi gaji Rp 600.000 dalam program Bantuan Subsidi Upah (BSU). Pencairan pertama dilakukan mulai 27 Agustus 2020 ( pencairan BLT/ BLT BPJS).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mengungkapkan total penerima bantuan pemerintah lewat subsidi gaji karyawan berjumlah sekitar 15,7 juta pekerja.

Sementara dalam pencairan di tahap awal baru menyasar 2,5 juta pekerja. Artinya masih ada jutaan pekerja yang belum menerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan atau BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Ida menargetkan dapat menyalurkan bantuan subsidi gaji tahap pertama kepada total 15,7 juta pekerja, selambat-lambatnya akhir September 2020 atau paling lambat 30 September 2020.

Simak selengkapnya di sini

2. BPJS Ketenagakerjaan: Subsidi Gaji Tahap II Segera Meluncur 

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai mencairkan subsidi gaji Rp 600.000 atau Bantuan Lansung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan dalam program subsidi upah.

Pencairan dilakukan oleh Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BTN sejak Kamis (27/8/2020) untuk 2,5 juta pekerja tahap pertama.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan, subsidi gaji untuk pekerja yang masuk dalam tahap kedua segera meluncur. Dia mengaku, pihaknya bakal kembali menyerahkan data 3 juta pekerja ke Kemenaker.

"Tahap kedua rencana akan kami lakukan penyerahan ke Kementerian Ketenagakerjaan hari Selasa minggu depan, sekitar 3 juta nomor rekening pekerja di berbagai bank," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (29/8/2020).

Selengkapnya baca di sini

3. BNI Sudah Salurkan Subsidi Gaji Rp 1,09 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjadi salah satu bank yang mendapat mandat menyalurkan dana program bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan.

VP Investor Relation BNI, Roekma Hariadji mengatakan, BNI telah menyalurkan subsidi gaji sebesar Rp 1,09 triliun pada penyaluran tahap pertama.

"BNI telah menyalurkan dana program bantuan subsidi upah bagi bekerja dengan total sebesar Rp 1,09 triliun kepada 912.097 penerima," kata Roekma dalam dalam Public Expose Bursa Efek Indonesia secara virtual, Jumat (28/8/2020).

Terkait subsidi gaji, pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 37,78 triliun. Tercatat, realisasi penyaluran sudah mencapai Rp 2,98 triliun atau sekitar 7,9 persen dari pagu.

Baca selengkapnya di sini

4. Blokade Jalan Tambang, Ini Sederet Tuntutan Pekerja Freeport

Manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetujui tuntutan karyawan yang melakukan penutupan akses jalan tambang di Mile 72, Tembagapura, untuk menyediakan bus dalam kapasitas yang lebih banyak untuk dapat mengangkut karyawan yang libur kerja ke Timika.

Dilansir dari Antara, Sabtu (29/8/2020), manajemen Freeport diketahui juga akan memberikan tunjangan tunai tambahan sebesar Rp 750.000 kepada karyawan yang memilih tidak melakukan perjalanan libur kerja atau tetap tinggal di wilayah Tembagapura dan Pelabuhan Portsite Amamapare.

Dua hal itu tertuang dalam surat interoffice memorandum manajemen Freeport yang ditujukan kepada seluruh karyawannya.

"Perusahaan menghargai kinerja angkatan kerja kita, terutama kesabaran dan pengorbanan mereka selama krisis kesehatan masyarakat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terima kasih atas semua upaya Anda, kita mampu menjaga suatu lingkungan kerja yang sehat," tulis manajemen Freeport dalam memo tersebut.

Apa lagi tuntutan para pekerja? Baca di sini

5. Mau Pensiun Muda yang Siap Lahir Batin? Yuk, Intip Resepnya

Siapa yang tidak mau pensiun di usia muda ? Menikmati hari-hari tidak dengan bekerja keras. Melainkan tinggal duduk manis, uang mengalir ke kantong.

Umumnya, seseorang pensiun saat umurnya menginjak 55 tahun ke atas. Bahkan banyak di usia senja yang masih harus banting tulang demi mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Bayangkan betapa enaknya bisa merasakan hidup tanpa harus ‘kerja rodi’ siang dan malam. Tapi keuangan tetap terjamin.

Pensiun dini, mungkin di usia 30 tahun sampai 40 tahunan akan sangat mengasyikkan. Perusahaan saat ini banyak yang menawarkan program pensiun dini bagi karyawannya. Yang berminat, tinggal daftar.

Nah apa saja resepnya agar bisa pensiun muda dengan aman dan nyaman? Simak di sini

https://money.kompas.com/read/2020/08/30/071500326/-populer-money-ini-jadwal-paling-lambat-pencairan-subsidi-gaji-resep-pensiun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke