Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Saya Merasakan Angin Perubahan yang Baik...

Luhut berpendapat, berdirinya SWF di Indonesia membuka peluang banyaknya investasi yang akan masuk.

"Membayangkan Sovereign Wealth Fund akan segera berdiri, saya merasakan angin perubahan yang baik demi terbukanya jalan bagi banyak perusahaan di negara maju untuk berinvestasi di Indonesia. Maka dari itulah, saya mengundang Amerika Serikat untuk bekerja sama demi mewujudkan Indonesia sebagai hub manufaktur di Asia Tenggara," tulis Luhut di akun Instagram pribadinya, Jumat (23/10/2020).

Menurut Luhut, masih banyak ruang untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi kedua negara yakni Indonesia-AS.

Terlebih kata dia, terobosan baru berinvestasi Indonesia lewat framework SWF bisa mendatangkan banyak manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia seluruhnya.

"Terlebih saat ini kami sedang mempersiapkan kawasan industri dan infrastruktur yang diperlukan di Kabupaten Batang yang terhubung dengan jalan tol dan pelabuhan," kata Luhut.

Mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu mengaku menjelaskan sekilas tentang SWF Indonesia kepada Adam Boehler. Luhut mengatakan, SWF Indonesia akan dibentuk setelah adanya peraturan pemerintah turunan dari UU Cipta Kerja.

Lebih lanjut kata Luhut, SWF Indonesia juga akan menjadi instrumen penting bagi pengembangan infrastruktur di Tanah Air. Kehadiran SWF akan semakin memperkuat transparansi pengelolaan aset infrastruktur di Indonesia secara profesional.

Nantinya, investasi dari SWF akan diprioritaskan ke sektor infrastruktur, energi dan sumber daya, kesehatan, pariwisata dan teknologi.

Luhut juga menyampaikan adanya pelibatan lembaga investasi keuangan internasional dari negara-negara maju seperti ADIA dari Uni Arab Emirat dan JBIC dari Jepang dalam rangka proses konsultasi pengembangan framework SWF Indonesia.

"Lewat pertemuan hari ini, dengan senang hati saya sampaikan kepada Mr. Adam Boehler bahwa salah satu semangat dari UU Cipta Kerja adalah perbaikan iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia, yang tentunya dengan tetap mengutamakan perlindungan lingkungan hidup. Karena kelestarian lingkungan adalah bagian integral dari perizinan bisnis yang berisiko tinggi," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2020/10/23/191743626/luhut-saya-merasakan-angin-perubahan-yang-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke