Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Pelabuhan Patimban, Luhut Janjikan 4,3 Juta Lapangan Kerja dalam Kurun Waktu 10 Tahun

Pelabuhan yang rencananya akan mulai beroperasi secara terbatas pada Desember mendatang itu, diklaim akan menyerap hingga 149.000 tenaga kerja pada tahap pertama.

Angka tersebut disebut Luhut akan terus bertambah, hingga pada 10 tahun mendatang mencapai 4,3 juta tenaga kerja yang terserap.

"Pelabuhan Patimban juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, karena akan membuka 149.000 lapangan kerja baru untuk warga Kabupaten Subang dan sekitarnya. Angka ini terus bertambah dengan target 4,3 juta lapangan kerja dalam 10 tahun ke depan," tuturnya dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

Bukan hanya itu, pemerintah juga akan membangun sekolah atau pelatihan bagi para nelayan di sekitar wilayah tersebut. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengkhawatirkan adanya dampak sosial dan ekonomi dari pembangunan Pelabuhan Patimban.

"Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait telah dan akan membantu nelayan dan masyarakat yang terdampak dengan memberikan pelatihan pendidikan vokasi, serta menyediakan sarana dan prasarananya yang memadai," ujarnya.

Untuk mempercepat manfaat-manfaat ekonomi itu, Luhut menargetkan Pelabuhan Patimban akan mulai dapat mengirim produk otomotif pada Desember mendatang.

"Tahap awal pengoperasian Pelabuhan Patimban untuk pasar otomotif. Maka peran pelabuhan yang akan memperkuat ketahanan ekonomi, khususnya dalam mendukung aktivitas perdagangan dalam bidang manufakturing," ucapnya.

Sebagai informasi, pembangunan Pelabuhan Patimban terdiri dari tiga tahapan utama. Pembangunan tahap I.1 rencananya akan rampung sepenuhnya pada 2021 dan beroperasi sebagian pada Desember mendatang.

Dalam tahap tersebut, Pelabuhan Patimban sudah dapat mengoperasikan terminal peti kemas seluas 35 hektare (ha), yang mampu menampung 250.000 Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs) peti kemas.

https://money.kompas.com/read/2020/11/27/193000326/lewat-pelabuhan-patimban-luhut-janjikan-4-3-juta-lapangan-kerja-dalam-kurun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke