Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes, Ini Respons Kementerian BUMN

Lantas, siapa yang akan menggantikan Budi untuk posisi Wamen BUMN I?

Menjawab pertanyaan tersebut, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pemilihan sosok Wamen BUMN merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

“Wamen BUMN setelah Pak Budi ya diserahkan kepada Pak Jokowi memutuskan karena itu kewenangan Pak Jokowi,” ujar Arya, Selasa (22/12/2020).

Arya mengungkapkan, dirinya dan semua pegawai BUMN akan mendukung siapapun sosok yang nantinya akan menggantikan posisi Budi.

“Apakah nanti siapapun orangnya semua kewenangan Pak Jokowi. Kami kan mendukung apapun keputusan Pak Jokowi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto.

Nama Budi sebelumnya memang santer disebut-sebut akan menjadi Menkes saat ada kabar bahwa Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet.

Budi bukan orang baru dalam jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan, ia menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir yang menjabat sebagai menteri.

Selain itu, pria kelahiran Bogor, 6 Mei 1964 ini juga dipercaya menjadi Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN).

Dari riwayat pendidikan, Budi merupakan seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) bidang Fisika Nuklir yang lulus pada 1988.

Ia juga mendapat sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultat (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada 2004.

https://money.kompas.com/read/2020/12/22/170433726/budi-gunadi-sadikin-jadi-menkes-ini-respons-kementerian-bumn

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke