Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai Investor Baru Beli Saham Pakai Utang, Ini Imbauan BEI

Belakangan ini, beberapa influencer ramai memamerkan saham yang mereka miliki melalui sosial media. Beberapa mengatakan investasi mereka menuai keuntungan yang cukup menggiurkan. Hal ini berbanding terbalik, setelah beberapa warganet mengeluhkan kerugian, setelah membeli saham melalui utang.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, hal tersebut merupakan fenomena yang tidak baik. BEI selalu mengingatkan para investor mengenai potensi untung dan rugi setelah berkomitmen untuk berinvestasi saham.

“Kami mengingatkan untuk tidak menggunakan dana yang bersumber dari pinjaman, dana yang diperlukan untuk kebutuhan sehari hari, dana untuk kebutuhan darurat, dan dana kebutuhan jangka pendek lainnya,” kata Hasan malam tadi melalui pesan singkat, Senin (18/1/2021).

Hasan mengatakan, hendaknya para investor jangan terlalu percaya diri dan berorientasi pada mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya dalam jangka pendek secara instan.

“Kami juga mendorong agar para investor terus belajar dan meningkatkan pemahamannya dalam berinvestasi saham,” ujar dia.

Hasan menambahkan, dalam melakukan investasi, investor jangan hanya melihat dari sisi keuntungannya semata-mata, tapi juga hendaknya menghitung dan mengelola risiko dalam berinvestasi.

Selan itu, menggunakan sumber dana dari utang akan semakin meningkatkan risiko investasi, karena adanya keterbatasan waktu yang relatif pendek untuk segera mengembalikan dana pinjamannya dengan tingkat bunga tertentu.

“Hal ini tentunya juga akan semakin membatasi pilihan dan strategi investasinya dan juga dapat mempengaruhi aspek psikologis para investor,” kata dia.

Di sisi lain, BEI sudah menyediakan berbagai program dan sarana dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dan juga para investor, melalui kegiatan Sekolah Pasar Modal, Webinar, Workshop, dan melalui media sosial BEI.

“Silahkan untuk memanfaatkan program dan sarana edukasi ini, ataupun program edukasi yang dilakukan oleh para Anggota Bursa. Saat ini sebetulnya sudah sangat banyak program edukasi yang baik dalam berinvestasi saham ini, yang dapat diakses secara mudah oleh masyarajat dan para investor kita,” ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/01/19/073000826/ramai-investor-baru-beli-saham-pakai-utang-ini-imbauan-bei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke